Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Beserta Strukturnya Lengkap

Pengertian Dan Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Dan Beserta Strukturnya – Dalam pelajaran bahasa Indonesia, erat kaitannya dengan mengarang. Bahkan mengarang kadang identik dengan bahasa Indonesia. Maka dari itu pengetahuan mengenai tata bahasa dan semisalnya harus dipegang. Misalnya mengenai teks deskripsi.

Di mana orang kadang tidak faham apa itu teks deskripsi meski sudah terbiasa menulis artikel. Pada kesempatan kali ini, kami hendak memberikan beberapa informasi kepada Anda mengenai teks deskripsi. Teks deskripsi biasanya akan muncul pada pelajaran mengarnag tingkat SMP, SMA, Kuliah. Selain itu, Anda yang berkecimpung dalam dunia tulis menulis, blogger yang kerjaannya menulis artikel pasti membutuhkan pengetahuan ini.

Pengertian Teks Deskripsi

Dalam pelajaran mengarang, teks deskripsi kadang terletak di bagian bodi. Teks deskripsi adalah sekumpulan paragraf yang berbentuk penjelasan mengenai sebuah obyek tertentu. Dengan maksud memberikan penjelasan secara singkat. Makanya, teks deskripsi biasanya hanya terbentuk 3 sampai 4 alinea atau paragraf saja.

Teks deskripsi memiliki bahasan sederhana dan padat, karena teks deskripsi bertugas untuk menjelaskan sebuah obyek, maka teks deskripsi harus tersusun dari teks dan juga gambar penjelasan. Sehingga gambar bukan pendukung tapi lebih kepada penguat.

Kesimpulan:

Pengertian teks deskripsi adalah kalimat singkat dalam satu atau dua paragraf yang berguna untuk menjelaskan sebuah obyek tertentu secara detail, dan teks deskripsi harus disertai sebuah gambar penjelas, bukan ilustrasi.

Cirri-ciri Teks Deskripsi

Selain pengertian, secara detail ada cirri-ciri dari sebuah teks deskripsi. Di mana cirri-ciri teks deskripsi ini akan menguatkan dan hanya ada pada beberapa jenis karangan khusus saja. Artikel secara umum sudah mengandung teks deskripsi walau itu sebuah berita.

Adapun cirri-ciri teks deskripsi adalah sebagai berikut:

  1. Ada penjelasan dengan teks mengenai gambaran dari sesuatu. Gambaran di sini adalah gambaran spesifik. Di mana penjelasan dari teks deskripsi harus detail dan mengenai, tapi dengan kalimat dan bahasa yang singkat.
  2. Teks deskripsi memiliki satu ide pokok. Dalam menggambarkan sebuah obyek, harus terdiri dari 1 ide pokok pada 1 paragraf sehingga gambaran yang dijelaskan jelas dan mengena.
  3. Penjelasan detail akan membawa pembaca kepada keadaan seolah-olah melayang dan berada pada tempat atau obyek yang sedang dijelaskan. Hal ini harus diketahui, karena teks deskripsi memiliki substansi penting pada pembahasan ini.
  4. Teks deskripsi menjelaskan setiap sudut. Bukan hanya warna, teks deskrips harus menjelaskan sebuah obyek dengan jelas dan detail mulai dari warna, sudut, lekuk, tempat, tanggal dan semisalnya.

Struktur Teks Deskripsi      

Ada beberapa struktur teks deskripsi yang harus diketahui.

  1. Teks deskripsi sebagai sebuah cara untuk mengidentifikasi mengenai sebuah obyek, baik benda, alam, hewan, atau semisalnnya. Sehingga teks deskripsi adalah sebuah cara menjelaskan sebuah obyek dengan bahasa ringkas dan mudah.
  2. Teks deskripi menjadi sebuah alat atau media penyusun sebuah identifikasi obyek menurut kaidah atau standar yang sudah ditetapkan sebelumnya atau sesuai aturan yang ada.
  3. Teks deskripsi memiliki gambaran atau penjelasan mengenai sbeuah obyek, topi, gagasan yang terdapat dalam sebuah klasifikasi yang disusun pada teks tersebut

Kesimpulan:

Tesk deskripsi adalah sebuah artikel ringkas yang sangat informatif, sehingga bentuknya hanya 3 sampai 6 paragaf. Namun sudah bisa menjelaskan mengenai sebuah obyek dengan detail dan akurat.

Jenis-jenis Teks Deskripsi Secara Umum

  1. Deskriptip subjektif. Adalah sebuah teks deskripsi yang ditulis berdasakan kesan dari penulis tersebut. Contohnya, “Adi memuliki kesan bahwa guru di sekolahnya sangat ramah. Maka Adi menulis teks deskripsi yang isinya memuji dan memoisikan gurunya sebagai guru sekolah terbaik di kotanya.”
  2. Hanya berisi penjelasan mengenai benda, ruangan dan lain sebagainya. Tanpa ada opini atau semisalnya
  3. Sebuah teks deskripsi yang berisi penjelasan secara gamblang tanpa adanya campur tangan opini pribadi. Sehingga teks deskripsi yang dimunculkan benar-benar menjadi sebuah informasi umum tanpa penggiringan opini atau kesan penulis

Kesimpulan:

Untuk bisa menulis sebuah teks deskripis harus membuat pola atau alur dulu, sehingga benar-benar sesuai harapan dan jenis dari teks yang akan dibuat berdasarkan 3 jenis teks deskripsi yang ada dan sesuatu standar dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga : 

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Kucing

Siapa tidak kenal kucing? Kucing adalah jenis hewan hewan Mamalia Karnivora dari keluarfa Felidae. Hampir di setiap Negara mengenal dan ada kucing. Hampir di seluruh dunia ada jenis kucing dari Sabang sampai Merauke, dari Indonesia sampai Rusia. Di Indonesia dikenal kucing jenis Anggora, kucing liar dan sebagainya.

         Kucing sudah dikenal sejak 6000 tahu yang lalu. Bahkan menurut data arkeolog, dulunya bangsa Mesir sudah mengenal kucing untuk menjauhkan dari tikus yang menggangu. Kucing menjadi hewan peliharaan paling popular di dunia.

        Kucing memiliki cirri fisik mirip dengan harimau, namun bentuknya kecil. Dan sama-sama pemakan daging. Kucing di dunia ini memiliki berbagai jenis, seperti Persia, sphinx, dan semisalnya.

        Kelompok Felidae adalah mamalia yang berkembang dengan sangat cepat. Data menyebutkan perkembangan atau keberadaan kucing sudah ada sejak 10 sampai 15 juta tahun yang lalu.

        Sama halnya dengan kelinci, harimau, singa dan cougar, kucing memiliki telinga yang mampu menangkap getaran dan suara dari jarak 10 meter lebih.  Kucing pertama kali di klasifikasikan sebagai Felis Catus oleh Carousl Linnaeus.

        Kucing liar akan hidup secara liar. Dan akan berkembang biak dengan sangat cepat, sehingga populasinya akan berubah menjadi banyak dalam sekejap. Sampai saat ini jenis kucing yang diperjual belikan hanya kucing ras. Dan bahkan dikembang biakkan secara khusus.

Incoming search terms:
contoh teks deskripsicontoh teks deskripsi tentang hewancontoh teks deskripsi beserta strukturnyateks deskripsi tentang hewandeskripsi hewandeskripsi tentang hewanteks deskripsicontoh struktur teks deskripsicontoh teks deskripsi tentang kucingteks deskripsi tentang kucing
Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Beserta Strukturnya Lengkap | admin | 4.5