Doa Keramas dan Mandi Sebelum Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Artinya

Bacaan Doa Niat Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan Arab Latin Dan Artinya || Tak terasa bulan suci ramadhan sudah dekat. Artinya, kita akan memasuki bulan yang penuh barokah, di mana berpuasa menjadi wajib. Puasa di bulan ramadhan menjadi wajib karena tertera atau diperintahkan oleh Allah dalam Alquran. Dalam surat albaqarah ayat 183, Allah berfirman:

 

Berbeda dengan puasa Senin dan Kamis, di mana puasa itu sifatnya hanya sunnah saja, artinya jika dikerjakan akan mendapatkan pahala, jika tidak juga tak mengapa. Nah, khsusunya di Indonesia, euphoria menyambut bulan puasa sangat meriah.

Di tanah jawa dikenal dengan istilah padusan alias mandi keras. Mandi keramas di awaln bulan puasa bahkan ada yang mengatakan wajib, kalau tidak maka puasanya tidak sah. Apakah ini benar?

Tentu saja tidak. Karena mandi di waktu itu hanya sebuah peninggalan tradisi saja. Indonesia dahulunya banyak sekali penganut agama Hindu, kejawen dan lainnya. Salah satu cara dakwah Dari para Sunan di tanah jawa adalah dengan memasuki tradisi.

Mereka ingin mengislamkan tradisi, namun belum semuanya berhasil, Allah sudah menghendaki mereka kembali. Tak mengapa, karena padusan menjadi wujud niat dan juga kerukunan.

Karena di zaman dulu, terutama di daerah pelosok desa, orang akan berbondong-bondong ke sungai. Mereka akan saling mengenal, saling akrab dan semisalnya. Meski aslinya tidak ada dali, atau perintah dalam islam, tetapi jika Anda ingin melaksanakan mandi wajib atau padusan, Anda bisa mengamalkan doa di bawah ini.

Bacaan Niat Mandi Keramas Sehari Sebelum Puasa Ramadhan

 

Dan tidak ada doa secara khusus. Apalagi dengan melafalkan niat. Cukup katakana dan niatkan bahwa Anda mandi untuk menjaga kesucian. Sebab mandi pada dasarnya adalah membersihkan badan dari kotoran. Dan filsafatnya berkembang menjadi sebuah cara pembersih dan tolak ukuran dalam menyambut bulan suci ramadhan.

Soal mandi yang dikhususkan, begini jawaban Ali bin Abi Thalib

Seseorang pernah bertanya pada ‘Ali radhiyallahu ‘anhu mengenai mandi. ‘Ali menjawab, “Mandilah setiap hari jika kamu mau.” Orang tadi berkata, “Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?” ‘Ali menjawab, “Mandi pada hari Jum’at, hari ‘Arofah, hari Idul Adha dan Idul Fithri.” (HR. Al Baihaqi 3/278. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Lihat Al Irwa’ 1/177)

Jadi tidak ada mandi dalam rangka membersihkan diri dari dosa, yang ada adalah membersihkan badan dari kotoran seperti mandi junub dan semisalnya. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:
Niat keramas puasamandi keramasdoa mandi sebelum puasado a mandi keramas untuk mengamalkan puasa sunahniat mandi keramas sebelum puasaniat mandi puasadoa keramas puasa ramadhandoa agama hindu pada saat keramasdoa madi puasa weto npuasa sehari untuk membersihkan diri
Doa Keramas dan Mandi Sebelum Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Artinya | a dfadfa | 4.5