Materi Lengkap : Tugas BPUPKI dan PPKI

BPUPKI merupakan singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, adalah lembaga ynag dibentuk pemerintah pada tanggal 1 Maret 1945 sebagai upaya mencari dan mendapatkan dukungan untuk membuat Indonesia merdeka. BPUPKI diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat, wakil ketua Raden Panji Soeroso dan Ichibase Yosio (warga Jepang), dan dilengkapi dengan 62 anggota lainnya.

Tugas BPUPKI

BPUPKI memiliki tugas untuk mempelajari, mengamati, dan menyelidiki segala hal yang dibutuhkan untuk membantu pergerakan Indonesia merdeka. Namun pada tanggal 7 Agustus 1945 akhirnya Jepang membubarkan BPUPKI dan menggantikannya dengann membentuk PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang beranggota 21 orang.

BPUPKI telah melaksanakan dua kali sidang resmi yang membahas tentang upaya untuk mempersiapkan kemerdekaan. Sidang pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Mei—1 Juni 1945.

Pada sidang tersebut dikemukakan beberapa gagasam mengenai prinsip dasar negara oleh tiga orang utama dibalik pergerakan nasional, diantaranya:

  1. Mr. Prof. Mohammad Yamin, S.H, menyebutkan rumusan lima prinsip dasar negara yakni Peri Kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan, dan kesejahteraan rakyat.
  2. Prof. Mr. Dr. Soepomo dengan rumusan lima prinsip dasar negara yang disbeut Dasar Negara Indonesia yaitu persatuan, kekeluargaan, mufakat dan demokrasi, musyawarah, dan keadilan sosial.
  3. Ir. Soekarno dengan ruumusan lima sila dasar negara yang diberi nama Pancasila yaitu kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan, Mufakat atau demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Tepat pada tanggal 1 Juni 1945 saat Ir. Soekarno mengemukakan gagasan Pancasila, juga diperingati sebagai hari lahirmya Pancasila. Kemudian pada tanggal 10 Juli—14 Juli 1945 diadakan sidang kedua yang membahas tentang wilayah NKRI, kewarganegaraan Indonesia, Rancangan UUD, ekonomi negara, dan pembelaan negara.

Resmi pada tanggal 7 Agustus 1945, BPUPKI dibubarkan karena dianggap telah menyelesaikan tugasnya dan mencapai tujuan setelah berhasil menyusun rancangan UUD dan akhirnya digantikan dengan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang diketuai oleh Ir. Soekarno.

Tugas PPKI

Adapun tugas PPKI diantaranya meresmikan perambule atau pembukaan UUD 1945, melanjutkan kinerja BPUPKI, mempersiapkan perpindahan kekuasaan dari pemerintah Jepang ke Indonesia, serta menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam rangka persiapan kemerdekaan.

PPKI memegang peranan penting dalam tata negara Indonesia baru. Karena pada akhirnya PPKI mampu menempatkan dasar-dasar ketatanegaraan di tempatnya dan menciptakan pondasi yang kuat bagi negara yang baru saja merdeka.

Incoming search terms:
tugas bpupkitugas bpupki dan ppkitugas bpupki dan tugas ppkiApa tugas bpupkitugas ppkitugas bpupki adalahtugas bpupki ppkitugasJelaskan bagaimana peran bpupki dan ppki dalam sistematikatugas utama bpupki dan ppki
Materi Lengkap : Tugas BPUPKI dan PPKI | admin | 4.5