Pengertian Analisa Menurut 10 Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian analisis menurut para ahli dan secara umum – Pernahkah pembaca mendengar istilah analisa? Jika belum, mari sama-sama belajar tentang makna analisis di artikel pendidikan ini ya

Analisa berasal dari istilah Yunani Kuno “analusis” yang artinya melepaskan. Analusis merupakan kata yang tercipta dari dua suku kata yakni ana yang artinya kembali dan luein yang artinya melepaskan. Sehingga analisa dapat diartikan sebagai sebuah usaha untuk mengamati dengan rinci terhadap objek dengan cara menguraikan komponen penyusunnya untuk dikaji atau dipelajari lebih lanjut.

Kata analisa  seringkali juga dituliskan dengan istilah analisis. Secara bahasa atau linguistiknya, analisis atau analisa merupakan studi tentang bahasa yang digunakan untuk memeriksa secara rinci terkait struktur sebuah bahasa. Sedangkan pada aktivitas laboratorium, analisa atau analisis difdefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan di laboratorium yang digunakan untuk memeriksa zat yang terkandung di dalam sampel.

Tetapi  dalam perkembangannya, penggunaan kata analisis menjadi sorotan karena merupakan saduran dari bahasa asing. Sehingga ejaan yang tepat ialah analisa. Berikut adalah pengertian lengkap analisa menurut beberapa ahli:

Pengertian Analisa Menurut Para Ahli

Analisa Menurut Wiradi

Analisa ialah kegiatan yang berisi tentang memilah, emngurai, membedakan objek untuk diklasifikasikan sesuai dengan kriteria atau syarat tertentu kemudian dicari keterkaitan dan maknanya.

Analisa Menurut Komaruddin

Analisa adalah sebuah aktivitas berpikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi bagian atau komponen, sehingga bisa mengenal tandai-tanda oada komponen beserta hubungan dan fungsinya dalam kesatuan yang utuh.

Analisa Menurut Dwi Prastowo dan Darminto

Analisa ialah penguraian sebuah pokok menjadi beberapa bagian untuk mengetahui keterkaitan antar  bagian dan maknanya.

Analisa Menurut Kamus Akuntansi

Analisa ialah tahapan evaluasi yang dilakukan terhadap keadaan dari ayat-ayat yang berhubungan dengan akuntansi beserta alasan yang memungkinkan terjadinya sebuah perbedaan.

Analisa Menurut Anne Greogory

Analisa adalah langkah awal yang dilakukan pada tahapan prencanaan.

Analisa Menurut Effrey Liker

Analisa ialah waktu yang digunakan untuk mengumpulkan bukti guna menemukan sumber sebuah masalah.

Analisa Menurut Hanif Al Fatta

Analisa ialah tahap pertama yang dilakukan pada pengembangan sistem fundamental yang bisa mempengaruhi kualitas sitem tersebut.

Analisa Menurut Husein Umar

Analisa ialah sebuah porses kerja dari runtutan proses pekerjaan sebelum diadakannya riset yang akan didokumentasikan lewat tahapan penulisan pelaporan.

Analisa Menurut Minto Rahayu

Merupakan sebuah cara untuk membagi ke dalam komponen penyusun, meliputi proses melepaskan sesuatu yang awalnya terikat padu.

Analisa Menurut Robert J. Schreiter

Analisa ialah proses membaca teks untuk melikalisasikan tanda serta menempatkan tanda tersebut ke dalam interaksi dinamis, termasuk pesan-pesan yang akan disampaikan.

Baca Juga :Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Ulasan

Pengertian Analisis Secara Umum

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa analisa adalah kumpulan aktivitas dan tahapan yang saling berhubungan yang berguna untuk memecahkan permasalahan menjadi bagian yang lebih terperinci. Salah satu kegiatan analisa adalah analisa data yang biasa diterapkan pada pengerjaan tugas akhir berupa skripsi.

Itulah sedikit informasi terkait analisa, semoga tulisan ini bermanfaat ya

Incoming search terms:
pengertian analisaanalisa adalahpengertian analisis menurut para ahlipengertian analisis secara umumanalisa pengertiananalisa menurt komarrudinanalisis ahli naonanalisa adalah menurut para ahlisecara analisadefinisi analisis menurut para ahli dan tahunnya
Pengertian Analisa Menurut 10 Para Ahli dan Secara Umum | admin | 4.5