Pengertian Analisis SWOT Dan Manfaatnya

Pengertian analisis SWOT dan manfaatnya – Analisis SWOT merupakan metode perencanaan yang strtegis, biasanya dipapkai untuk melaksanakan evaluasi terhadp produk atau spekulasi bisnis, SWOT merupakan singkatan dari strengths, weakness, opportunities, dan threats.

Analisis SWOT merupakan bentuk analisis yang dilakukan oleh seseorang secara individu maupun kelompok di perusahaan untuk membantu penyusunan rencana guna mencapai tujian jangak pendek dan jangka panjang bisnis. Cara kerja yang efektif untuk menganalisa SWOT adalah dengan menggambarkannya di dalam tabel, sehingga sekaligus bisa dianalisa keterkaitan antara satu aspek dengan aspek lainnya.

Manfaat Analisis SWOT

Manfaat melakukan analisa SWOT adalah  untuk melihat kondisi permasalahan yang dialami melalui 4 aspek. Adapun hasil analisa berupa rekomendasi atau saran yang dapat digunakan untuk bertahan serta memanfaatkan peluang yang ada dengan tetap berjaga-jaga dari ancaman yang ada. Sehingga bisa disimpulkan bahwa analisa SWOT sangat bermanfaat sebagai instrumen pelaksanaan analisis strategi, sekaligus meminimalisir kelemahan yang dimiliki dan mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki.

1. Strengthness (Kekuatan atau Kelebihan)

Strengthness merupakan aspek analisis tentang situasi atau keadaan yang digolongkan menjadi kekuatan dari sebuah bisnis. Aspek ini muncul dari diri sendiri atau merupakan faktor intern dari bisnis itu sendiri. Misalnya berupa kekuatan perusahaan yang lebih unggul dalam menciptakan tren busana di pasaran, dll. Kekuatan ini hendaknya dimaksimalkan sehingga bisa menambah daya saing dan keunggulan dari bisnis yang sedang dijalankan.

2. Weakness (Kekurangan)

Weakness merupakan oposisi dari strengthness yang berarti kekurangan atau kelemahan yang berasal dari faktor intern. Aspek ini perlu dianalisa agar dapat meminimalisirnya dan dapat lebih mengoptimalkan kelebihan yang dimiliki. Misalnya kekurangan dalam mananjemen tim atau kerja sama tim di perusahaan yang kurang bagus. Jika sudah mengetahui kelemahan yang timbul dari dalam perusahaan, maka harus segera dicarikan solusinya misalnya dengan mengadakan training atau diklat guna mempererat hubungan antar karyawan sehingga bisa menciptakan kerjasama tim yang baik.

3. Opportunities (Peluang)

Merupakan analisis yang dilakukan terkait potensi adanya peluang atau keadaan di luar perusahaan yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan. Analisis pada aspek ini berfungsi untuk memberikan wawasa atau gambaran untuk merencanakan proyek atau produk jangka panjang. Misalnya tren pemakaian busana muslim yang mulai berkembang dapat dimanfaatkan bagi pemilik usaha fashion untuk mencoba memasuki pasar busana muslim guna  mengembangkan bisnisnya.

4. Threats (Ancaman)

Merupakan bentuk analisis terhadap ancaman yang berasal dari luar perusahaan yang bisa mengancam keberadaan perusahaan. Ancaman juga bisa terjadi akibat kebijakan baru yang ditetapkan oleh pemerintah.

Incoming search terms:
pengertian swot beserta contoh dalam kehidupan sehari-hari
Pengertian Analisis SWOT Dan Manfaatnya | admin | 4.5