Pengertian ASEAN dan Tujuannya Secara Lebih Jelas

Sebagai warga negara Indonesia, sudahkah kita mengetahui siapa saja tetangga negara kita? Tergabung dalam kelompok apakah negara yang sedang kita tinggali ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang perkumpulan negara yang mewadahi Indonesia dan sekitarnya yang disebut dengan ASEAN. Langsung simak pembahasannya ya!

A. Pengertian dan  Sejarah ASEAN

5 Agustus 1967, ada lima negara meliputi Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand yang menggelar pertemuan di Bangkok yang menghasilkan Perjanjian Bangkok dan diresmikan pada tanggal 8 Agustus 1967. Perjanjian Bangkok ini dibuat untuk membentuk organisasi yang menjalin kerjasama yang positif antar negara di kawasan Asia Tenggara. Organisasi tersebut dinamakan ASEAN, singkatan dari Association of South East Asian Nation. Apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, artinya adalah Perkumpulan Negara di Asia Tenggara.

Perjanjian Bangkok ditandatangani oleh kelima mentri luar negeri yang menghadiri konferensi, diantaranya sebagai berikut:

  1. H. Adam Malik, Menteri Luar Negeri dari Indonesia
  2. Tun Abdul Razak, Menteri Luar Negeri dari Malaysia
  3. S. Rajaratman, Menteri Luar Negeri dari Singapura
  4. Narsisco Ramos, Menteri Luar Negeri dari Filipina dan
  5. Thanat Khoman, Menteri Luar Negeri dari Thailand.

Baca Juga : Profil Lengkap Negara di Asia Tenggara (ASEAN)

B. Tujuan Berdirinya ASEAN

ASEAN dibentuk berdasarkan tujuan yang ingin dicapai seperti yang tertulis pada perjanjian Bangkok sebagai berikut:

  1. Membantu percepatan pertumbuhan ekonomi serta kemajuan sosial budaya di kawasan Asia Tenggara
  2. Menjaga perdamaian dan stabilitas di wilayah regional
  3. Membangun kerjasama di bidang IPTEK
  4. Menjalin kerjasama dalam bidang agro pertanian, industri, perdagangan, transportasi, dan komunikasi
  5. Memajukan penelitian tentang  isu dan konflik di Asia Tenggara bersama mengenai masalah-masalah di Asia Tenggara
  6. Menjalin kerjasama dan hubungan baik dengan organisasi internasional dan regional yang lain.

Itulah tujuan berdirinya asean yang tercantum dalam deklarasi bangkok. Selanjutnya pada tanggal 7 Januari 1984, Brunei Darussalam bergabung sebaagi anggota ASEAN, disusul dengan Vietnam pada tanggal 28 Juli 1985. Sementara itu, Myanmar dan Laos menjadi anggota pada tanggal 28 Juli 1997, diikuti Kamboja pada tanggal 16 Desember 1998. Dan yang terakhir adalah Timor Leste. Hingga saat ini jumlah anggota ASEAN adalah 11 negara.

C. Alasan Terbentuk ASEAN

ASEAN terbentuknya karena beberapa alasan berikut ini:

1. Kesamaan wilayah geografis

Secara geografis, wilayah negara-negara yang tergabung sebagai anggota ASEAN memiliki kesamaan, yakni sama-sama berada di wilayah Asia Tenggara. Selain itu, negara-negara ini juga sama-sama diapit oleh dua samudera yakni samudera Hindia dan Pasifik.

2. Kesamaan budaya

Kesamaan budaya yang dimaksud adalah adanya aliran atau anutan yang sama yang berasal dari rumpun Melayu Austronesia yang berupa bahasa, budaya, norma-norma sosial, dan tata kehidupannya.

3. Kesamaan nasib

Semua negara pendiri kecuali Thailand adalah negara yang pernah dijajah. Hal ini juga melatarbelakangi terbentuknya forum ASEAN. Karena pada dasarnya negara-negara ini merasakan nasib dan duka yang sama, sehingga ingin membentuk perkumpulan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas negara.

4. Persamaan dalam kepentingan urusan

Yang terakhir adalah adanya persamaan dalam hal kepentingan, yakni negara-negara anggota ASEAN sama-sama memiliki tujuan untuk meningkatkan pembangunan di bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, IPTEK, dll dengan cara menjalin kerjasama yang positif dengan negara tetangga.

Sekian penjelasan tentang Definisi dan asal muasal dari ASEAN kali ini. Semoga dapat menambah wawasan pembaca dan memberikan manfaat

Incoming search terms:
tujuan yang ingin dicapai oleh negara malaysiatujuan yang ingin dicapai malaysiapengertian aseannorma tertulis dalam aseanbeberapa pengertian aseantujuan yg ingin dicapai aseantujuan dibentuknya organisasi asean brunei darussalamatujuan yang ingin di capai negara malaysiatujuan yang ingin di capai oleh negara malaysiatujuan yang ingin dicapai di malaysia
Pengertian ASEAN dan Tujuannya Secara Lebih Jelas | admin | 4.5