Pengertian Biosfer dan Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Persebaran Biosfer

Pengertian Biosfer, Biosfer adalah istilah geografi yang digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan keadaan lingkungan yang memungkinkan untuk ditempati oleh makhluk hidup. Biosfer juga diartikan sebagai keadaan alam yang berada di luar bumi yang memenuhi syarat untuk berlangsungnya kehidupan organisme makhluk hidup. Menurut Wikipedia, biosfer adalah bagian dari luar planet Bumi yang meliputi udara, air, serta daratan yang memungkinkan adanya kehidupan dan proses biotik untuk berlangsung di dalamnya.di dalam ilmu goefisiologi, biosfer secara luas diartikan sebagai sistem ekollogis global untuk menyatukan semua organisme makhluk hidup beserta hubungan yang berada di dalamnya, mliputi interaksinya dengan bebatuan (litosfer), udara (atmosfer), dan air (hidrosfer).

Baca Juga 

Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Persebaran Biosfer

Kondisi biosfer dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya sebagai berikut:

1. Iklim

Iklim adalah kondisia atau keadaan suhu serta kelembapan udara yang terjadi di dalam sebuah wilayah tertentu di dalam jangka waktu yang panjang. Pada dasarnya tidak semua jenis makhluk hidup dapat tinggal di berbagai macam iklim, beberapa di antaranya hanya bisa tinggal di salah satu iklim. Oleh karena itu, semakin lama bentang iklim yang dipunyai oleh sebuah wilayah biosfer tertentu, semakin besar pula kemungkinannya untuk ditingglai oleh organisme makhluk hidup.

2. Kondisi geologi

Kondisi geologi adalah keadaan lingkungan fisik di alam sekitar yang meliputi tingkat suhu wilayah, keberadaan air, udara, serta beberapa macam faktor yang lain. Semakin lengkap keadaan geologi lingkungan tersebut, semakin besar pula kemungkinannya  untuk ditempati organisme makhluk hidup. Menurut beberapa teori terdahulu, bumi terdiri dari satu benua besar serta samudra yang terpisah karena adanya gaya endogen yang kuat sekali. Pecahan dari benua tersebut biasa disebut dengan teka-teki raksasa. Apabila kita memperhatikan peta dunia, maka Afrika dan Amerika Selatan bisa digabungkan menjadi hal yang sesuai dengan pola garis pantainya.

3. Ketinggian tempat

Ketinggian tempat memiliki peran penting terhadap kehidupan dari organisme makhluk hidup.  Karena tidak semua makhluk hidup dapat hidup di daerah tinggi, bahkan pada ketinggian tempat tertentu, tak ada satupun organisme yang dapat hidup. Maka dari itu, agar dapat ditempati, lingkungan biosfer harus terletak pada ketinggian normal sesuai dengan kebutuhan makhluk hidup pada umumnya. Berdasarkan suhu sebenarnya, ketinggian tempat dapat diklasifikasikan menjadi empat golongan seperti di bawah ini:

  • Wilayah dengan udara panas, suhu wilayahnya antara 23,3 °C – 22 °C, berada pada ketinggian 0—600 mdpal. Jenis tanaman yang dapat hidup di wilayah ini seperti tebu, kelapa, karet, padi, lada, dll.
  • Wilayah dengan udara sedang dan suhu diantara 22 °C – 17,1 °C yang berada di ketinggian 600—1.500 mdpal. Jenis tanaman yang sesuai untuk wilayah ini seperti kapas, kopi, cokelat, kina, the, tomat, kentang, kol, dll.
  • Wilayah dengan udara sejuk, suhu antara 17,1 °C – 11,1 °C dengan ketinggian 1.500—2.500 mdpal, jenis tanaman yang sesuai untuk wilayah ini adalah sayuran, kopi, teh, serta jenis hutan tanaman industry.
  • Wilayah dengan udara dingin yang hanya akan dijumpai tanaman dengan jenis pendek seperti edelweiss. Ketinggian tempat ini mencapai lebih dari 2.500 mdpal.

4. Faktor biotik

Faktor biotik adalah faktor dari makhluk hidup yang menjadi pendukung bagi kehidupan organisme makhluk hidup yang lain, misalnya pohon yang menjadi faktor biotik bagi beberapa makhlukk hidup seperti tupai, manusia, bakteri, burung, dll. Semakin banyak faktor biotik yang terdapat di lingkungan, semakin besar juga kemungkinan tersebut untuk dijadikan tempat tinggal.

Incoming search terms:
apa saja iklim di biosferfaktor yang berpengaaruh terhadap persebaran biosferfaktor yang berpengaruh persebaran biosferfaktor yang berpengaruh terhadap persebaran biosfee
Pengertian Biosfer dan Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Persebaran Biosfer | admin | 4.5