Pengertian Budaya Politik dan Ciri-Cirinya

Pengertian Budaya Politik, Budaya politik adalah pola perilaku atau tindakan dari masyarakat di dalam kehidupan sebuah negara, termasuk penyelenggaraan administrasi negaranya, politik pemerintahan yang berlaku, hukum, norma dan nilai sosial masyarakat. Selain itu, budaya politik juga dapat diartikan sebagai sebuah sistem nilai kebersamaan di dalam masyarakat yang mempunyai kesadaran untuk ikut beraprtisipasi di dalam pengambilan keputusan bersama dan penentuan kebijakan publik yang ditujukan untuk seluruh masyarakat.

Dalam definisi lain yang diungkapkan menurut para ahli seperti oleh Austin Ranney, budaya politik ialah seperangkat pandangan terkait politik serta pemerintahan yang dipegang secara utuh dan kolektif. Selain itu Miriam Budiarjo menjelaskan bahwa budaya politik adalah kesluruhan tentang pandangan politik yang meliputi norma atau nilai yang berlaku di masyarakat, pola orientasi tentnag politik dan pemerintahan, serta pandangan hidup secara umum.

Secara umum budaya politik dibagi menjadi tiga macam yakni budaya poltik apatis (bersikap tidak acuh, masa bodoh, dan terkesan pasif), budaya politik mobilisasi (didorong untuk sengaja dimobilisasi), dan budaya politik partisipatif yakni budaya politik yang aktif.

Ciri-ciri Budaya Politik

Budaya politik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Adanya pengaturan terhadap kekuasaan,
  • Merupakan sebuah perilaku atau tindakan yang diatur oleh apparat negara melalui hukum yang tertulis atau sah,
  • Disebut juga sebagai proses dari pembuatan kebijakan pemerintah, (4) adanya kegiatan yang dilakukan oleh partai politik,
  • Adanya pola alokasi sumber masyarakat yang berlaku, dan
  • Adanya budaya politik tentang isu legitimasi.

Tipe-tipe Budaya politik

Budaya politik juga memiliki beberapa tipe yang dibagi berdasarkan orientasi politiknya seperti di bawah ini:

  • Budaya Politik Parokial, ialah budaya politik yang tingkat partisipannya sangat rendah. Biasanya budaya ini terdapat di masyarakat tradisional yang sifatnya sederhada. Ciri dari budaya ini adalah apatis, pengetahuan tentang politik yang rendah, masyarakat tradisional, adanya ketidakpedulian dan terkesan menarik diri terhadap kehidupan politik, dan tidak adanya peranan politik yang bersifat khusus.
  • Budaya Politik Kaula atau Subjek yang artinya jenis budaya ini sudah lebih maju baik dari segi sosial maupun ekonominya, namun tingkat partisipasinya masih dapat dikatakan pasif. Jenis budaya ini biasanya dimiliki oleh kelompok yang tidak mau memberikan suaranya untuk pengambilan keputusan bersama dan pemilihan umum. Ciri-ciri budaya ini adalah kesadaran masyarakat tentang otoritas penuh yang dimiliki pemerintah, hanya ada golongan minoritas yang mau memberikan masukan kepada pemerintah, warga dapat dikategorikan memiliki kesadaran dan minat terhadap kehidupan politik, namun kesadaran dan partisipasinya masih rendah.
  • Budaya Politik Partisipan artinya budaya politik yang ditandai dengan adanya kesadaran tinggi terhadap politik dan pemerintahan. Budaya jenis ini ditandai dengan kesaran ynag tinggi dari individu sebagai partisipan aktif untuk pembangunan negara dan merasa memiliki hak dan kewajiban sebagai rakyat dari sebuah negara, oleh karena itu tidak jarang ditemukan adanya demontrasi menolak atau memprotes sebuah keputusan yang tidak sejalan dengan masyarakat ini.
Incoming search terms:
ciri ciri budaya politik kaulamasyarakat aktif dalam berbagai kegiatan politik karena adanya kesadaran bahwa kebijakan dan keputusan politik turut ditentukn oleh partisipasi politiknyan merupakan budayanpolitikPengertian budaya politikpengertian budaya politik mobilisasipengertian rakyat politik beserta ciri cirinya
Pengertian Budaya Politik dan Ciri-Cirinya | admin | 4.5