Pengertian dan Faktor Lengkap Terbentuknya Bangsa

Istilah bangsa memang sudah tidak asing di telinga kita. Bangsa sendiri seringkali dihubungkan dengan istilah kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Nah, sebenarnya sudahkah kita memahami makna sebenarnya dari bangsa? Jika belum, mari sama-sama membaca pembahasan di bawah ini ya!

A. Pengertian Bangsa

Bangsa adalah sebuah kelompok manusia yang diakui secara nasional dan mempunyai beberapa  kesamaan misalnya bahasa, agama, ideologi, budaya, maupun sejarahnya. Para ahli sendiri banyak yang mendefinisikan bangda ke dalam beberapa pengertian, berikut adalah beberapa definisi tersebut:

  • Menurut Ernest Renan, bangsa ialah kumpulan manusia yang memiliki sebuah ikatan batin yang dipersatukan sebah persamaan sejarah dan cita-cita yang dimiliki.
  • Menurut Otto Baeur, bangsa adalah sekumpulan manusia dengan kesamaan karakter, nasib, dan pengalaman sejarah budaya.
  • Menurut Ben Anderson, bangsa ialah sekumpulan manusia yang tergabung di komunitas politik yang dibayangkan ke dalam wilayah yang jelas batasnya serta berdaulat.
  • Menurut Hans Kohn, bangsa terbentuk karena adanya persamaan bahasa, ras, adat, dan agama yang akhirnya menjadi karakteristik yang membedakan antar bangsa.

Baca Juga :

B. Faktor-faktor Terbentuknya Bangsa

Adapun faktor yang berperan untuk membentuk sebuah bagsa adalah sebagai berikut:

  • Primordial meliputi ikatan kerabat atau kekeluargaan, kesamaan suku, daerah tempat tinggal, bahasa, serta adat istiadat.
  • Sakral meliputi kesamaan agama yang dianut masyarakat. Karena dalam hal ini agama dipercaya dapat menciptakan ideologi doktrin yang kuat sehingga mampu membentuk sebuah bangsa.
  • Tokoh sebagai salah satu faktor karena di dalam kehidupan sosial, tokoh dianggap sebagais sosok panutan.
  • Sejarah yakni ketika sekumpulan manusia tersebut tumbuh dari rasa solidaritas atas kesamaan nasib di masa lampau.
  • Perkembangan Ekonomi disebut sebagai faktor pembentukan bangsa karena adanya prinsip lurus yang terjadi, yakni jika ekonomi semakin berkembang, maka kebutuhan masyarakat akan semakin beragam sehingga membuat mayarakat akan semakin tergantung satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Bangsa Indonesia merupakan kumpulan manusia yang terbentuk akibat interaksi masyarakat yang terjadi di dalamnya secara alamiah. Secara umum, bangsa Indonesia diketahu terbentuk karena kesamaan pada nasib sebagai korban penjajahan yang diresmikan melalui ikrar proklamasi dan sumpah peuda yang juga disebut-sebut sebagai sumpah bangsa. Dalam istilah lain disebutkan bahwa bangsa dan negara tidak memiliki kesatuan, artinya bisa jadi sebuah negara memiiki sebutan negara tapi tidak bisa disebut dengan tambahan istilah bangsa. Misalnya kita mengenal istilah negar Australia, namun tidak dengan istilah bangsa Australia.

Bagi bangsa Indonesia, selain adanya faktor pembentukan bangsa, adapula faktor pemersatu bangsa Indonesia yakni Pancasila, UUD 1945, lagu kebangsaan yakni Indonesia Raya, bahasa resmi yakni Bahasa Indonesia,  kesamaan geografis yakni NKRI, dan berada di bawah pemerintahan yang sama.

Incoming search terms:
faktor pembentuk bangsafaktor terbentuknya bangsafaktor faktor terbentuknya bangsafaktor terbentuknya bangsa indonesiajelaskan faktor pembentuk bangsa indonesiafaktor pemersatu bangsamengidentifikasi faktor faktor pembentukan suatu negarafaktor faktor pembentuk bangsafaktor pembentuk bangsa indonesiafaktor pembentukan bangsa Indonesia
Pengertian dan Faktor Lengkap Terbentuknya Bangsa | admin | 4.5