Pengertian, Jenis, Beserta Karakteristik dari Tesis

Skripsi, tesis, dan disertasi, jenis-jenis karya ilmiah yang cukup familiar di kalangan pelaku pendidikan yang menempuh studi di perguruan tinggi. Jika skripsi adalah tugas akhir yang haris ditempuh oleh mahasiswa s1, maka tesis adalah tugas akhir yang wajib ditulis oleh mahasiswa S2. Beriku adalah pembahasan lebih lanjut terkait tesis, selamat membaca

A. Pengertian dari Tesis

Tesis ialah sebuah karangan ilmiah yang berisi tentang teori berlandaskan argumen yang dibuat untuk syarat menyelesaikan program pendidikan master di perguruan tinggi. Secara sedehana, tesisi diartikan sebagai tugas akhir dari mahasiswa yang menempuh studi S2 untuk mendapatkan gelarnya sesuai dengan disipilin ilmu yang dipilih. Tesis ini juga bisa artikan sebagai bukti dari kemampuan penulisnya dalam bidang ilmunya.

Baca Juga : Pengertian Lengkap Metode Ilmiah dan Unsur-unsurnya

B. Jenis-Jenis Tesis

Tesis sebenarnya dibedakan menjadi dua macam jenis yakni tesis penelitian kuantitatif dengan tesis penelitian kualitatif. Berikut adalah pembahasan masing-masing jenis.

1. Tesis Penelitian Kuantitatif

Tesis penelitian kuantitatif ialah tesis yang ditulis untuk menyatakan teori atau kerangka berupa hipotetikal. Biasanya tesis ini juga dikenal dengan istilah Nalar Deduktif – Hipotektikal.

2. Tesis Kualitatif

Sementara itu, tesis penelitian kualitatif adalah tesis yang dikerjakan dalam rangka tidak untuk membangun atau menyatakan teori atau kerangka hipotetikal. Jenis tesis ini biasa disebut dengan Nalar Induktif atau Non hipotetikal.

C. Karakteristik Tesis

Sebagai sebuah karangan, tesis tentu saja memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan karangan ilmiah lainnya, diantaranya sebagai berikut:

  1. Biasanya, tesis akan berfokus pada salah satu masalah sentral yang ada pada satu disiplin ilmu pendidikan saja. Jadi, tesis akan dibuat sesuai dengan disiplin ilmu yang sedang ditempuh.
  2. Tesis ditulis dengan landasan yang sudah diujikan secara empirik terhadap sebuah teori.
  3. Tesis selalu memakai data primer sebagai data utamanya, serta kadang ditambahkan dengan beberapa data sekunder  yang dijadikan sebagai penunjang atau pembandingnya.
  4. Tesis ditulis dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta disesuaikan dengan kebijakan penulisan karya ilmiah masing-masing perguruan tinggi.

Itulah bebebrapa informasi seputar artikel pendidikan singkat terkait tesis. Semoga dapat bermanfaat ya

Incoming search terms:
karakteristik tesis
Pengertian, Jenis, Beserta Karakteristik dari Tesis | admin | 4.5