Pengertian, Jenis, dan Solusi Pencemaran Lingkungan

Pengertian dan macam-macam polusi serta cara mengatasinya – Ada banyak dampak buruk yang diakibatkan oleh pencemaran lingkungan, baik dampak langsung maupun tidak langsung (dirasakan setelah beberapa waktu). Dampak langsung misalnya keracunan, kematian, dan kerusakan fisik dari lingkungan. Dampak tidak langsung misalnya mutasi atau perubahan genetik yang berdampak pada kelainan fisik, punahnya spesies, dan menurunnya daya dukung dari lingkungan yang meliputi air, tanah, dan udara. Namun sudah taukah anda dengan definisi dari polusi, jika belum langsung simbak penjelasan lengkap berikut ini

A. Pengertian Polusi

Pencemaran lingkungan latau yang biasa disebut dengan polusi adalah perubahan urutan atau komposisi air dan udara yang diakibatkan oleh manusia atau proses alam, sehingga mempengaruhi kualitas dari air dan udara itu sendiri. Pencemaran juga dapat diartikan sebagai masuknya zat organik dan anorganik ke dalam lingkungan yang menimbulkan ancaman serta gangguan bagi lingkungan.  Adapun bahan pencemarnya dapat berupa zat organik misalnya makhluk hidup atau jasad renik, dan zat anorganik yang disebut dengan polutan.

Pencemaran lingkungan dewasa ini telah terjadi di mana-mana, misalnya pada kasus kerusakan hutan yang berdampak pada kelestarian ekosistem. Lingkungan yang baik ialah lingkungan yang berada dalam keadaan yang seimbang, karena lingkungan jenis ini dapat mengatur serta memulihkan diri jika terjadi gangguan. Apabila lingkungan mendapatkan gangguan dan tidak dapat memulihkan diri, akan mengakibatkan pencemaran yang mempengaruhi kedidupan makhluk hidup di dalamnya.

Secara umum, bahan pencemar dibedakan menjadi tiga yakni

  • Pencemar Biologis, bahan pencemar biologis terdiri dari mikroorgansime yang menyebabkan penyakit, tumbuhan pengganggu atau parasit, dan bakteri.
  • Pencemar Kimiawi, bahan pencemar kimiawi yakni bermacam-macam zat kimia organik maupun anorganik seperti pestisida, minyak, serta pupuk anorganik.
  • Pencemar fisik, adalah bahan pencemar fisik misalnya debu, partikel, plastik, dan gas.

Sebuah substansi dapat dikatakan sebagai polutan jika jumlahnya melebihi jumlah normal, serta berada pada waktu dan tempat yang salah. Polutan bersifat merusak untuk sementara waktu dan jangka panjang bila tidak dilakukan penanganan serius.

B. Macam-macam Polusi

Polusi dapat dibedakan menjadi beberapa bagian menurut pembedanya, berikut adalah jenis-jenis polusi:

1. Menurut Tempat Terjadinya

  • Polusi Udara, Polusi udara dapat terjadi akibat kontaminasi gas dan partikel. Misalnya Gaz HZS, jenis gas beracun yang terdapat di wilayah gunung berapi, selain itu juga bisa diproduksi dari hasil pembakaran minyak bumi dan batu bara. Kelebihan gas CO2 akan mengakibatkan pemanasan global yang mengakibatkan efek rumah kaca. Kemudian contoh lainnya seperti pembuatan bom nuklir yang dampaknya akan mencemari udara bahkan merusak lingkungan dengan parah.
  • Polusi Air, Polusi air bisa disebakan oleh pembuangan limbah industri, sampah domestic (detergen yang mencemari air di lingkungan), sisa insektisida yang pada akhirnya akan terakumulasi sebagai racun. Selain itu sampah organik yang membusuk karena bakteri di dalam air akan menyebabkan gangguan terhadap aktivitas organisme akuatik. Ada juga hasil pembusukan fosfat dengan HO3 dan pupuk pertanian yang tergabung dan menyebabkan eutofikasi. Eutrofikasi merupakan jenis akumulasi mineral yang berdampak pada pertumbuhan yang cepat bagi alga atau gangang mekar. Hal ini akan menyebabkan tanaman di dalam air tidak bisa berfotosintesis karena sinar matahari yang terhalang alga.Salah satu penyebab polutan air yang paling sering terjadi adalah tumpahan minyak dari kapal tanker. Hal ini menyebabkan banyak organisme akuatik yang keracunan bahkan mati.
  • Polusi Tanah, Polusi tanah adalah jenis polusi yang disebabkan oleh sampah plastik yang sulit untuk dihancurkan, botol, pecahan kaca, kaleng, serta sintetis karet. Jenis-jenis sampah tersebut akan sangan sulit untuk diuraikan oleh tanah dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menguraikannya. Jika tanah terkontaminasi polusi, maka akan mengakibatkan makhluk hidup di dalamnya juga terancam serta mengganggu kesuburan tanah.
  • Polusi Suara, Polusi suara merupakan jenis polusi yang terjadi akibat suara yang dihasilkan dari kendaraan bermotor, mesin pesawat, mesin pabrik, maupun alat elektronik yang dapat mengganggu pendengaran.

2. Menurut Kontaminan atau Bahan Pencemarnya

  • Polutan Kimia, Misalnya zat radioaktif, logam seperti Hg, Pb, As, zat anorganik pupuk, pestisida, detergen, serta minyak.
  • Polutan Biologi, Misalnya mikroorganisme (Escherichia coli, Entamoeba coli, serta salmonella thyposa), dan jasad renik.
  • Polutan Fisik, Biasanya berbentuk sampah yang sulit diuraikan tanah, misalnya plastik, kaleng, karet, dan botol.

Baca Juga :

3. Menurut Tingkat Polusinya

WHO menyebutkan bahwa tingkat polusi dapat diurutkan berdasarkan tingkat polutan atau kontaminan, dan waktu tercemarnya lingkungan. Oleh karena itu, WHO membagi tingkat pencemaran menjadi 3 tingkat yaitu:

  1. Polusi yang menyebabkan gangguan atau iritasi pada indra dan tubuh, serta mengakibatkan kerusakan ekosistem yang lain. Contohnya gas yag dihasilkan kendaraan bermotor dapat menyebabkan iritasi pada mata serta batuk-batuk.
  2. Polusi yang menyebabkan reaksi di dalam fisik sehingga dampaknya akan mengakibatkan penyakit kronis. Misalnya pencemaran Hg atau merkuri yang pernah terjadi di Minatama Jepang yang mengakibatkan penyakit kanker dan cacat sejak lahir.
  3. Polusi yang tingkat pencemarannya mengakibatkan gangguan yang berdampak pada kematian, misalnya bom nuklir.

C. Solusi Pencemaran Lingkungan

Berdasarkan uraian di atas, dapat diketahui tentang bahaya polusi. Oleh karena itu, manusia perlu melakukan upaya pencegahan dan solusi pencemaran lingkungan sebagai berikut:

1. Penanggulangan administrasi

Merupakan tugas pemerintah untuk membuat peraturan atau Undang-Undang terkait pembuangan limbah industri atau yang dikenal dengan AMDAL, serta penerbitan buku tentang kualitas lingkungan, upaya reboisasi atau penghijauan hutan.

2. Penanggulangan teknologi

Merupakan upaya penanggulangan polusi dengan pemanfaatan teknologi, misalnya ditemukannya mesin pengolah sampah atau limbah yang dinamakan incinerator.

3. Penyuluhan pendidikan

Hal ini dilakukan dengan cara melakukan penyuluhan kepada lembaga pendidikan formal maupun nonformal tentang lingkungan dan bahaya pencemaran lingkungan.

Incoming search terms:
apa yang di maksud dengan pencermaran lingkungan tidak langsung?dampak dan penanggulangan dari jenisjenis polusijenis dampak dan solusi plastikjenis polusi dan solusi mengatasinyajenis polusi yang ada di lingkungan sekitar serta solusinyapengertian dampak contoh solusi pencemaran lingkunganpengertian polusi dan jenisnya serta penanggulangannyapengertian polusi dan solusinyapengertian polusi jenis contoh cara mengatasi dan dampak
Pengertian, Jenis, dan Solusi Pencemaran Lingkungan | admin | 4.5