Pengertian Lengkap Atmosfer Dan Lapisannya Secara Detail

Hai sobat blog artikel pendidikan, kali ini kita akan membahas tentang Penjelasan Lengkap Tentang Pengertian,Lapisan & Manfaat Atmosfer langsung saja simak berikut ini :

A. Pengertian Atmosfer

Atmosfer merupakan lapisan yang terbentuk dari gas dan menyelimuti planet, salah satunya adalah bumi. Bumi memiliki atmosfer yang berada pada ketinggian 0 km di atas tanah hingga 560 km di atas permukaan planet bumi. Atmosfer terdiri dari beberapa susunan lapisan yang diberikan nama sesuai dengan fenomena yang terjadi di bagian lapisan tersebut. Adapun masa transisi masing-masing lapisan terjadi secara bertahap.

Awal mulanya, studi terkait atmosfer ini ditujukan untuk memecahkan permasalahan tetang cuaca. Atmosfer di bumi tersusun atas nitrogen sebanyak 78.1%, oksigen 20.97%, argon 0.9%, karbon dioksida 0.0375%, dan sisanya adalah uap, air, serta gas. Atmosfer berfungsi untuk melindungi kehidupan yang berlangsung di bumi karena perannya untuk menyerap radiasi dari sinar matahari serta untuk mengurangi suhu ekstrim pada siang dan malam hari.

B. Lapisan Atmosfer

Lapisan atmosfer terdiri dari beberapa susunan yang dijabarkan di bawah ini:

  • Troposfer, adalah lapisan yang terdekat dengan bumi. Hanya berjara 0—8 km dengan permukaan bumi. Pada lapisan ini, terjadi penurunan suhu kurang lebih 0. 5o C setiap peningkatan ketinggian 100 meter.
  • Stratosfer yaitu lapisan yang paling dekat kedua setelah lapisan troposfer. Adapun jarak lapisan ini terhadap permukaan bumi sekitar 8—50 km. Di lapisan stratosfer, suhu udara dapat mengalam peningkatan hingga 55 0
  • Mesosfer, berada pada urutua ketiga, jarak lapisan ini dengan permukaan bumi ialah 500—80 km. pada lapisan mesosfer, suhu udara dapat menurun sampai -73 0
  • Termosfer dengan jarak sekitar 82—800 km dari pemukaan bumi. Lapisan ini mengandung atom yang mengalami proses ionisasi secara berkelanjutan. Hal ini berdampak adanya gelombang radio yang akhirnya melintasi lapisan termosfer akan kembali terpental ke bumi. Hal ini yang akan dimanfaatkan sebagai media untuk melakukan proses komunikasi dengan menggunaakn satelit.
  • Ekosfer adalah lapisan terjauh dari permukaan bumi. Jaraknya mencapai 800 km dengan batas terluar yang berlum diketahui. Lapisan ini sekaligus menjadi bagian terpanas yang mengisi ruang antar planet.

Demikian pembahasan atmosfer kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua

Incoming search terms:
atmosfer membahas tentangatmosfer membahas tentang apa
Pengertian Lengkap Atmosfer Dan Lapisannya Secara Detail | admin | 4.5