Pengertian Lengkap, Ciri, dan Klasifikasi Kingdom Plantae (Tumbuhan)

Mengenal Tumbuhan Kingdom Plantae, Pengertian, Ciri-Ciri Dan Klasifikasinya – Berbagai jenis tumbuhan ada di dunia ini. Mulai yang kecil, besar dan yang semisalnya. Maka dari itu jika kita hanya bicara soal tumbuhan saja, musthahil bisa tahu dengan baik. Namun jika kita bicara soal jenis tumbuhan Anda harus membicarakan detailnya juga. Mulai dari ciri-ciri, pengertian dan klasifikasinya. Sebab dengan itu akan diketahui dengan baik dan benar mengenai sebuah tumbuhan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Kingdom Plantae, sebuah jenis tumbuhan yang jarang diketahui orang. Pembahasan akan menyeluruh, sebab mulai dari pengertian, cirri-ciri dan juga penbagian jenis atau klasifikasinya. Tentus aja, semuanya akan bermanfaat untuk Anda. Mari kita simak mulai dari paling awal dulu.

A. Pengertian Tumbuhan Kingdom Plantae

Definisi dari Kingdom Plantae adalah organisme eukariotik multiseluler, Kingdom Plantae memiliki dinding sel serta klorofil. Seperti yang sudah diketahui, klorofil adalah zat hijau daun. Adapun fungsinya untuk proses fotosintesis, fotosintesis pada daun terjadi untuk membuat makanan pada tumbuhan tersebut. Makanya Kingdom Plantae membuat makanan yang bersifat autorof.

Dan peristiwa inilah yang membuat Kingdom Plantae beda dengan kingdom Animalia. Selain itu Kingdom Plantae tidak dapaty bergerak bebas seperti Kingdom Animalia. Dan perlu dicatat, disinilah letak perbedaan inti dari keduanya.

Setelah mengenal definisinya, kita lanjutkan kepada cirri-cirinya.

B. Ciri-ciri Tumbuhan Keluarga Kingdom Plantae

Kingdom Plantae dan Kingdom Animalia memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dan keduanya tidak bisa digolongkan menjadi satu. Setidaknya ada 6 sampai 7 ciri-ciri dari Kingdom Plantae. Beriktu ciri-cirinya:

  1. Multiseluler
  2. Eukariot
  3. Cadangan makanan disimpan dalam bentuk amilum
  4. Ada pergiliran turunan dalam sikluas kehidupannya
  5. Selulosa menjadi partikel inti penyusun dinding selnya
  6. Bersifat autotrof sebab memiliki klorofil dan dapat membuat makanan sendiri
  7. Memiliki kloforil yang berguna untuk proses fotosintesis

C. Klasifikasi Tumbuhan Keluarga Kingdom Plantae

Selain definisi dan cirri-ciri, Kingdom Plantae juga memiliki klasifikasi. Sehingga Kingdom Plantae bukan hanya terdapat dalam satu jenis melainkan beberapa jenis, hal ini sebagaimana dilihat dari klasifikasi yang ada. Adapun klasifikasinya adalah sebagai berikut:

1. Tumbuhan Lumut atau Dalam Bahasa Ilmiah Divisi Bryophhyta

Sangat mudah menemukan jenis ini. Tumbuhan lumut bahkan sangat mudah dikenali. Karena dalam kehidupan sehari-hari lazim menemukan tumbuhan lumut. Tumbuhan lumut umumnya ada di tempat yang lembab dan berair. Karena air dan kelembaban adalah syarat jantang membuahi betina.

Tumbuhan lumut membutuhkan penyarapan garam, mineral serta alat perekatan pada habitatnya, untuk itu ia memiliki bagian seperti akar. Dan bagian itu disebut Rizoid. Rizoid sangat mudah dikenali karena berada di bagian bawah.

Dan tumbuhan lumut terbai menjadi tiga kelas, yakni:

  1. Lumut hati (Hepaticopsida)
  2. Kelas Anthocerotopsida (Lumut tanduk)
  3. Kelas Bryopsida (Lumut daun)

Ketiganya memiliki cirri-ciri tersendiri. Dan secara umum ketiganya akan tumbuh berkembang di daerah atau bagian lembab dan berair. Karena memang tidak memilih floem dan xylem sebagai pembuluh angkut.

2. Tumbuhan Paku atau Divisi Pteridophyta

Ciri-cirinya adalah tumbuhan ini memiliki akar, batang sejati dan daun. Sekilas lebih mirip dengan bulu ungas susunannya. Tumbuhan paku sangat beda dengan lumut, sebab paku memiliki pembuluh angkut.

Tumbuhan paku hanya hidup di di mana saja. Dan tumbuhan paku ada yang bisa dimakan atau dijadikan sayur. Makanya tumbuhan paku lebih bebas hidupnya daripada lumut. Jika lumut hanya hidup di daerah lembab maka paku bisa hidup di manapun, tanah, tembok, batu dan semisalnya.

Bentuk dari tumbuhan paku bervariasi, ia hidup di hutan, tanah, hutan hujan tropis dengan cara menempel di pohon. Tumbuhan paku memiliki bermacam bentuk. Beberapa bentuknya adalah:

  1. Lembaran
  2. Perdu
  3. Tanduk Rusa

Di masyarakat nama lain tumbuhan paku adalah pakis. Dan tumbuhan ini sangat familiar di masyarakat. Meski begitu, jarang yang suka mengolah pakis atau tumbuhan paku menjadi sayuran untuk santapan, padahal bisa.

Tumbuhan paku digolongkan menjadi empat jenis, yakni:

  1. Paku purba atau Psilopsida
  2. Paku kawat atau Lycopsida
  3. Paku ekor kuda atau Spendosida
  4. Pteripsida atau paku sejati

Itulah 4 bagian dan pengertian mengenai tumbuhan paku.

3. Tumbuhan Berbiji atau Divisi Spermatophyta

Menghasilkan biji sebagai alat perkembang biakan, dan menjadi kasta tertinggi dari Kingdom Plantae. Ada banyak bentuk dan ketinggian. Kingdom Plantae jenis ini umumnya habitatnya did aratan. Namun sebagian ada yang hidup di air.

Tumbuhan berbiji bereproduksi dengan cara penyerbukan dan pembuahan. Pada klasifikasinya, tumbuhan berbiji terbagi lagi menjadi dua tipe, yakni:

  1. Tumbuhan biji tertutup (angiospermae)
  2. Tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae)

Penjelasannya begini:

3.1. Tumbuhan biji terbuka (Sub divisi Gymnospermae)

Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Tidak punya pembungkus biji. Jadi biji akan terbuka pada permukaan daun buah
  2. Terdiri dari tumbuhan berkayu dan berakr tunggang dengan ukuran variasi

Jenis tumbuhan dengan biji terbuka, umumnya memiliki alat kelami sebagaimana umumnya. Dan dikenal dengan jenis betina dan jantan, dan alat kelamin tersebut tidak berada pada satu pohon.

Sub divisi Gymnospermae memiliki empat pembagian:

  1. Kelas Cycadinare
  2. Kelas Ginkoinae
  3. Kelas Conifrae
  4. Kelas Gnetinae

Selanjutnya adalah tumbuhan dengan biji tertutup.

3.2. Tumbuhan Biji Tertutup atau Sub Divisi Angiospermae

Kebalikan dari tumbuhan biji terbuka, biji tertutup bijinya tertutupi oleh buah. Bermacam jenis dari angiospermae, ia bisa berupa pohon besar dan berbatang keras, tumbuhan rambat atau yang berkayu serta memiliki daun lebar. Sangat variatif dan tidak bisa ditentukan.

Umumnya jenis tumbuhan biji tertutup erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Sehingga, dari sini bisa diperkirakan kalau angispermae dapat mengeluarkan oksigen yang menjadi kebutuhan bagi manusia dan menyerap karbon dioksida.

Hampir semua jenis sayuran dan buah berasal dari jenis angiospermae atau tumbuhan biji tertutup. Angiospermae memiliki alat kelamin jantan dan betina dan mahkota. Reproduksinya berlangsung dengan penyerbukan dan pembuahan.

Angiospermae terbagi menjadi dua:

  1. Biji berkeping atau Monocotyledone
  2. Berkeping dua atau Dycotyledone

Adapun penjelasannya sebagai berikut:

Berkeping Satu atau Monocotyledone

Akra yang berserabut, itulah struktur tumbuhan Monokotil. Namun tidak sekokoh akar tunggang yang ada di kelas Dycotyledone. Jenis Monocotyle juga memiliki batang dengan ruas namun tidak bercabang.

Tumbuhan Monocotyle tidak memiliki cambium. Makanya tidak dapat tumbuh membesar. Jenis tumbuhan Monocotyle memiliki tulang sejajara atau melengkung. Bunganya terdapat kelipaan tiga. Tumbuhan ini terbagi lagi menjadi lima ordo:

  1. Graminae atau rerumputan
  2. Palmea atau paleman
  3. Zinggiberaceae atau jahe-jahean
  4. Bromliaceae atau nanas
  5. Orchidaceae atau anggrek

Berkeping Dua atau Kelas Dycotyledone

Memiliki kar tunggan. Sehinga jenis tumbuhan ini umumnya sangat kokoh. Akarnya memiliki cambium makanya bisa membesar. Batangnya bercabang, dan memiliki buku serta ruas yang tidak jelas.

Daunnya tunggal dan memiliki struktur tulang menjari. Bagian bunga berkelipatan 2, 4, 5. Tumbuhan ini terdiri dari beberapa ordo, yakni:

  1. Euphorbiaceae atau getah-getahan
  2. Leguminoceae atau polongan
  3. Solanceae atau terongan
  4. Rutaceae atau jeruk
  5. Malpaceae atau kapas
  6. Mertaceae atau jambu
  7. kompositae

itulah ordo dari tumbuhan dengan biji tertutup dan penjelasan seputarnya.

Baca Juga :

D. Sistem Organ Dari Tumbuhan Kingdom Plantae

Sama seperti manusia, tumbuhan pun memiliki organ. Hanya saja organ manusia dan tumbuhan berbeda. Kalau manusia lebih komplek, sedangkan tumbuhan hanya terdiri dari, batang, akar, bunga, daun.

1. Bunga

Hamper semua orang melihat, bunga adalah mahkota yang paling cantik dalam sebuah tanaman, sehingga fungsinya dilihat hanya indah saja. Namun jarang orang tahu kalau fungsi bunga dalam tanaman adalah sebagai alat reproduksi tanaman atau tumbuhan itu sendiri.

Kelompok bunga terbagi menjadi beberapa bagian, yakni:

  1. Bunga warna hijau. Fungsi melindungi bunga ketika masih kuncup.
  2. Mahkota bunga. Warnanya cerah dan menarik. Fungsinya sebagai pollinator atau semisal serangga yang membantu proses polinasi unga
  3. Benang sari. Fungsinya sebagai alat kelamin jantan pada tumbuhan. Akan terjadi pembuahan jika diserbuk ke kepala putih.
  4. Alat kelamin betina dalam tumbuhan, inilah penyebab atau tempat terjadinya pembuahan dan juga sebagai perkembangan zigot pada bunga

Berikutnya adalah batang.

2. Batang

Berfungsi sebagai pengangkut makanan ke seluruh tubuh dan mengarahkan tumbuhan kepada sinar matahari. Alat angkut di dalam batang disebut dengan xylem dan floem. Selain alat pengakut dan juga mengarahkan ke pada matahari, batang juga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetative, penyimpanan makanan, pelekat cabang, daun dan buah.

Batang terdiri dari banyak tipe berkayu, type lembut, dan lunak, type rumput, sedangkan strktur batang terdiri dari:

  1. Epidermis
  2. Korteks
  3. Endodermis
  4. Stele

Selanjutnya adalah akar.

3. Akar

Fungsi utamanya sebagai penyerap zat hara dan air dalam tanah. Berkembang biak dari meristem apical, ujung akar memiliki lapisan perlindungan yang disebut tudung akar. Nah tudung akar inilah yang berfungsi melindungi akar ketika tumbuh dan menembus tanah.

Selain menyerap zat hara, akar juga berfungsi utama untuk memperkuat tanaman. Ibarat manusia, akar adalah kaki. Namun pada beberapa jenis tanaman justru digunakan untuk pernapasan.

Akar terdiri dari structur:

  1. Epidermis
  2. Endodermis

Sedangkan klasifikasi akar terbagi dua, yakni:

  1. Monokotil
  2. Dan akar tunggal atau dikotil

Selanjutnya adalah daun

4. Daun

Daun adalah tempat berlangsungnya proses fotosintesi. Daun pada tumbuhan fungsinya sebagai media penguapan, pernapasan, penyerap matahari.

Terdiri dari:

  1. Helai daun
  2. Tangkai daun
  3. Pelepah daun

Sedangkan strukturnya terdiri dari:

  1. Epidermis yang memiliki kutikula dengan fungsi pencegah penguapan besar
  2. Mesofil dengan kloroplas dengan hidpermis yang memiliki stomata

Akhirnya selesai juga uraian di atas. Perlu diketahui Kingdom Plantae memiliki peran besar untuk keberlangsungan alam dan juga kelestariannya. Karean Kingdom Plantae bisa menahan banjir, memberikan oksigen untuk manusia. Dan berbagai manfaat lainnya. Bisa dibayangkan jika tidak ada tumbuhan, tentunya alam raya akan kering-kerontang sebab tidak ada air dan oksigen.

Incoming search terms:
kingdom plantaePlantaepengertian plantaeklasifikasi tumbuhanciri ciri kingdom contohnya dalam pelajaran ipa biologirangkuman pengertian kingdomjenis/macam plantaeEgTKQyn7GL-Xws8FIhkA8aeDSxEqKRy72D7ZV_AxlR96jHc48hMOMgFjdownload memahami klasifikasi tumbuhantah ngomong ciri-ciri Kingdom
Pengertian Lengkap, Ciri, dan Klasifikasi Kingdom Plantae (Tumbuhan) | admin | 4.5