Pengertian Lengkap, Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi Teks deskripsi adalah karangan teks paragraf  yang berisi  gambaran yang menjelaskan sebuah objek yang ditulis dengan maksud agar pembaca dapat memahami dan mengetahui objek atau topik yang dijelaskan di dalam teks dengan jelas. Jenis teks deskripsi dapat digunakan untuk mejelaskan sebuah kejadian, peristiwa, atau objek tertentu.

Artikel kali ini juga lanjutan dari 

Ciri-Ciri (Karakteristik) Teks Deskripsi

Teks deskripsi sama seperti jenis teks lainnya, memiliki karakteristik yang membedakan dengan teks lainnya, diantaranya sebagai berikut:

  • Teks berisi gambaran atau penjelasan rinci dari sebuah objek
  • Gambaran objek dideskripsikan dengan detail sehingga pembaca dapat memahami maksud dari teks.
  • Penulis bermaksud untuk membuat pembaca seolah merasakan,melihat, dan mengalamii secara langsung tentang topik yang sedang dibaca di dalam karangan teks deskripsi.
  • Jika teks deskripsi menggambarkan sebuah objek benda, maka akan disebutkan ciri-cir fisik, warna, bentuk, dan ukuran dengan jelas.

Struktur dari Teks Deskripsi

Menulis teks deskripsi harus berpegang pada 3 unsur dasarnya, berikut adalah 3 unsur teks deskripsi:

  • Identifikasi, bagian yang berisi tentang identitas objek yang sedang ditulis di dalam teks.
  • Klasifikasi, merupakan unsur yang memiliki sistem dalam kelompok berdasarkan aturan atau kaidah yang telah ditetapkan.
  • Deskripsi, berisi tentang gambaran atau penjelasan mengenai objek yang sedang dituliskan di dalam teks.

Jenis- Jenis Teks Deskripsi

  • Teks Deskripsi Subjektif, merupakan sebuah karangan deskripsi yang ditulis berdarakan kesan yang dialami dan dimiliki oleh penulis.

Contoh 1: Nasi uduk yang dijual oleh Pak Slamet memang terkenal lezat. Nasi dimasak dengan cara tradisional, yakni menggunakan tungku arang. Sudah bisa dipastikan aroma nasi uduk Pak Slamet khas dan terasa lebih sedap. Selain itu, nasi uduk tersebut juga dibandrol dengan harga yang cukup murah, yaitu Rp 12.000,00 per porsi.

Contoh 2: Bu Agus, sosok guru yang disegani murid di SMA Angkasa. Beliau disegani karena sikap tegas dan disiplinnya saat sedang mengajar. Postur tubuh kecilnya tidak menghalanginya untuk bersikap tegas dengan nada suara tingginya yang sekaligus dapat mengintimidasi lawan bicaranya. Namun sebenarnya dibalik sikap tegasnya, tersimpan niat mulia untuk mengajarkan siswanya agar menjadi pribadi yang lebih disiplin dan lebih baik lagi.

  • Teks Deskripsi Spatial, jenis teks ini hanya menggambarkan objek berupa benda, lokasi atau tempat, ruang, dll.

Contoh : Batu adalah kota kecil yang tertelak di Jawa Timur.. Kota kecil ini dikenal dengan sebutan kota wisata. Oleh karena itu, kota Batu menyediakan banyak tempat pariwisata dengan beragam tema. Mulai dari tempat pariwisata bertema edukasi seperti Eco Green Park, tema keluarga misalnya Cangar, hingga tempat wisata yang menyuguhka banyak spot untuk foto Instagram misalnya Coban Talun.

  • Teks Deskripsi Objektif, jenis teks ini menggambarkan objek berdasarkan keadaan sebenarnya tanpa tambahan pendapat dari penulis. ulis itu sendiri.

Contoh: Olahraga basket adalah olahraga yang dimainkan 2 regu berisi 5 orang tiap regunya. Olahraga ini dimainkan di lapangan berukuran 28 x 15 meter dengan aturan bermain setiap bola yang dimasukkan ke dalam ring akan diberi skor. Ring basket diatur dengan ketinggian 3.05 meter.

Jangan lupa baca Pengertian Lengkap, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contoh Frasa

Incoming search terms:
analisilah struktur teks deskripsi tersebutStruktur deskripsi beserta contoh temanyarangkuman ciri ciri pengertian struktur dan contoh teks deskripsi bahasa indonesiamencari teks deskripsi di teks lainmateri teks deskriptif pdfjm ferrari dgn artikel 083271contoh deskripsi bahasa indonesia tentang sekolahcontoh analisis teks deskriptifCiri ciri teks diskeripsianalisis teks deskripsi
Pengertian Lengkap, Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Deskripsi | admin | 4.5