Pengertian Lengkap Dimensi dan Beberapa Jenisnya

Berikut adalah pembahasa lengkap materi pendidikan seputar definisi dimensi dan jenisnya secara lengkap dengan contohnya.

Daftar Isi:

A. Pengertian dimensi menurut kamus bahasa indonesia

Dimensi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ukuran yang termasuk di dalamnya ada panjang, luas, tinggi, dan lebar.

B. Pengertian dimensi dalam filsafat kuno

Sementara itu menurut buku filsafat kuno, dimensi merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk mengukur ruang gerak bebas. Suatu benda dapat dikatakan sedang pada titik dimensi nol jika benda tersebut sama sekali tidak dapat bergerak ke arah manapun, misalnya titik.

C. Pengertian dimensi dalam matematika dan fisika

Dalam ilmu fisika dan matematika, dimensi diartikan sebagai sebuah ruang atau objek dengan jumlah minimal koordinat yang difungsikan untuk menentukan atau memastikan titik-titik yang berada di dalamnya. Jadi, sebuah garis dikatakan mempunyai dimensi karena hanya satu

Baca Juga : 

D. Jenis-Jenis atau Macam-macam Dimensi

Dimensi memiliki beberapa jenis diantaranya sebagai berikut:

  • Dimensi satu, yaitu dimensi yang hanya mempunyai satu jenis unsur dimensi saja, misalnya unsur panjang saja atau lebar saja. Jenis benda dimensi satu ini hanya dapat bergerak bebas menuju arah kanan dan kiri. Contoh dari benda dimensi satu yaitu garis.
  • Dimensi dua, merupakan dimensi yang memiliki 2 unsur dimensi misalnya panjang dan lebar, sehingga memungkinkan benda untuk bergerak bebas ke arah kiri, kanan, atas, serta bawah. Benda yang memiliki dimensi dua ini biasa disebut dengan bangun datar. Adapun cirinya adalah memiliki luas dan keliling misalnya segitiga, persegi panjang, persegi, dll.
  • Dimensi tiga yakni dimensi yang mempunyai 3 unsur dimensi yakni tinggi, panjang, dan lebar, sehingga memungkinkan benda untuk bergerak bebas menuju arah kanan, kiri, bawah, atas, belakang, dan depan. Benda ini biasa disebut dengan sebutan bangu ruang dengan cirir utama benda memiliki volume sehingga dapat diisi dengan benda tertentu. Misalnya kubus, balok, kerucut, tabung, rumah, mobil, dll.
  • Dimensi empat, jenis dimensi ini masih dianggap sebagai dimensi yang masih bisa diperdebatkan karena erat kaitannya dengan waktu. Dimensi empat diartikan sebagai dimensi tiga yang memiliki dimensi waktu. Dimensi ini keberadaannya masih diuji hingga saat ini oleh para ahli.
Incoming search terms:
pengertian dimensidefinisi dimensimacam macam dimensimacam macam dimenaapa yang dimaksud dimensi bukuArti dimensi bukudimensi gerak dalam bahasa indonesiarangkuman tentang dimensidefenisi dimenarri ambodimensi
Pengertian Lengkap Dimensi dan Beberapa Jenisnya | admin | 4.5