Pengertian Lengkap Liberalisme Beserta Ciri-Cirinya

Definisi Liberalisme dan Ciri-Cirinya – Jika membahas tentang liberalisme, hal yang langsung terlintas di kepala saya adalah Amerika Serikat. Bukan tanpa alasan, hanya saja kita semua mengakui bahwa Amerika Serikat adalah negara pelopor liberalisme yang selalu berusaha untuk menyebarkan paham yang mereka anut kepada negara lainnya. Nah, jadi sebenarnya apa yang dimaksud dengan liberalisme? Mengapa Amerika disebut sebagai negara yang menganut paham tersebut? Simak penjelasan berikut ya!

A. Pengertian Liberalisme

Liberalisme berasal dari kata liberal yang berari bebas dan ditambah imbuhan isme yang berarti faktor atau paham. Jadi jika diartikan secara arti kata aslinya, liberalisme berarti faktor-faktor yang menciptakan kebebasan atau paham yang menganut aliran kebebasan. Sedangkan menurut Wikipedia, liberalisme merupakan ideologi, adat politik, pandangan filsafat berdasarkan pemahaman kebebasan yang menganut persamaan hak sebagai nilai politik yang paling utama. Liberalisme tumbuh dan berkembang di Eropa sejak abad pertengahan. Hal ini dtandai dengan adanya dua karakteristik yaitu anggota masyarakat yang saling terikat dalam sistem dominasi yang kompleks dan adanya pola hubungan atau ikatan yang bersifat statis.

Liberalisme sudah ada sejak era Reformasi Gereja dan Renaissans atau akhir abad pertengahan (abad ke 5—15). Liberalisme menawarkan kebebasan di kehidupan dari pengawasan pihak kerajaan dan gereja. Hal ini jelas berbanding terbalik dengan kehidupan barat di era itu saat gereja dan kerajaan selalu mendominasi semua kegaitan dan aspek kehidupan manusia.

Liberalisme menolak tentang pembatasan khususnya pada aspek keagamaan dan pemerintahan. Liberalisme menginginkan adanya pertukaran ide yang beas, perekonomian di pasar yang dapat mendukung usaha milik pribadi, adanya pemerintahan yang terbuka, dan penolakan terhadap kebebasan kepemilikan oleh individu. Oleh sebab itu, liberalisme disebut sebagai cikal bakal berkembangya paham kapitalisme.

Baca Juga : 

Pengertian Orde Baru dan Sejarah Berjalannya Orde Baru

B. Ciri-ciri Liberalisme

Di kehidupan masa kini, liberalisme dianggap tumbuh dalam sistem pemerintahan demokrasi dengan alasan adanya kebebasan mayoritas yang ditawarkan oleh sistem pemerintahan demokrasi. Liberalisme memiliki beberapa ciri-ciri seperti di bawah ini:

  • Masyarakatu mempunyai kebebasan penuh dalam bidang intelektual meliputi kebebasan berpendapat, pers, dan beragama.
  • Pemerintah hanya dapat mengatur kehidupan rakyatnya dengan terbatas.
  • Tidak menganut paham kekuasaan individu di atas individu lainnya.
  • Negara dikatakan sejahtera apabila semua rakyatnya sejahtera
  • Ada beberapa hak dan kewajiban yang bersifat mutlak dan tidak bisa dilanggar oleh kekuasaan apapun.

Ada beberapa negara yang menganut paham liberalisme misalnya Amerika Serikat, Argentina, Brazil, Chili, Kuba, Bolivia, Equador, Honduras, Canada, Mexicom Suriname, Arubua, Dominika, Kosta Rika, dll.

Demikian artikel tentang liberalisme, semoga dapat menambah wawasan pembaca dan bermanfaat untuk kita semua

Incoming search terms:
ciri ciri liberalismeciri ciri ideologi liberalisme dari aspek ekonomipengertian liberalismeciri ciri ideologi liberalismeciri ciri ideologi liberalcontoh liberalisme dalam kehidupan sehari-hariciri ciri negara yang menganut ideologi liberalismeIdeologi liberalismeciri ideologi liberalismeciri liberalisme
Pengertian Lengkap Liberalisme Beserta Ciri-Cirinya | admin | 4.5