Pengertian Lengkap Pemimpin dan Fungsinya

Pemimpin, tentu kata tersebut sudah tidak asing terdengar di telinga  kita sehari-hari. Saya yakin pembaca gamepos.id memiliki definisi atau makna tersendiri baik secara islam atau secara umum. Berikut ini adalah pengertian pemimpin dan tugasnya.

A. Pengertian Pemimpin Secara Umum

Secara umum, pemimpin dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki kedudukan tertinggi di sebuah kelompok. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pemimpin diartikan sebagai orang yang memimpin.

B. Pengertian Pemimpin Menurut Para Ahli

Beberapa ahli memiliki pendapatnya masing-masing terkait dengan pengertian dari pemimpin. Ahmad Rusli misalnya, ia menyatakan bawah pemimpin adalah seseorang yang diberikan amanah untuk memimpin kelompok yang memilihnya sebagai pemimpin. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus bisa bersikap adil dan bertanggung jawab untuk mengemban amanah dengan baik.

C.N Cooley juga menambahkan bahwa kecenderungan serta titik pusat dari sebuah gerakan sosial selalu berasal dari pemimpin. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Kenry Pratt yang menyatakan bahwa pemimpin ialah individu yang memiliki inisiatif untuk mengorganisir, mengarahkan tindakan atau usaha dari orang lain. Hal tersebut dilakukan karena orang yang memilihnya beranggapan bahwa pemimpin memiliki kemampuan lebih baik dan kedudukan lebih tinggi untuk mengorganisir kelompoknya. Ia juga mengatakan bahwa seorang pemimpin memiliki alat yang berguna untuk meyakinkan rakyatnya agar mau menerimanya dengan suka rela, misalnya prestasi atau kekayaan. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang pemimpin dituntut untuk menjadi panutan bagi rakyatnya, oleh karena itu memilih pemimpin berdasarkan kepribadiannya akan lebih baik dibandingkan memilih berdasarkan aspek kekayaannya.

Beberapa individu memiliki bakat alami untuk terlahir sebagai seorang pemimpin, sehingga ia tidak memerlukan pelatihan atau pendidikan untuk membentuknya sebagai pemimpin. Namun, bagi setiap individu yang ingin mempelajari ilmu kepemimpinan, ada sebuah ilmu yang dipelopori oleh Frederick W. Taylor yang mengkaji tentang ilmu kepemimpinan.

Baca Juga : Pengertian Seminar dan Pihak-pihak yang Ada di Dalamnya

C. Fungsi Pemimpin Secara Umum

Disebutkan dalam teorinya, seorang pemimpin memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengadakan kebijakan administrasi serta menyediakan fasilitasnya,
  2. Mengadakan revisi atau perubahan serta inovasi untuk pengembangan serta penyempurnaan di dalam organisasi,
  3. Memprakarsai pembuatan struktur di dalam organisasi,
  4. Mengatasi adanya perselisihan atau konflik yang muncul serta mengadakan evaluasi berkala, dan
  5. Merumuskan tujuan institusional serta menentukan sarana atau alat untuk mencapai tujuan.

Dari penjelasan diatas, menjelaskan bahwa kepemimpinan adalah sebuah bakat atau kemampuan yang mampu mempengaruhi orang lain, baik perorang atau dalam jumlah kelompok. Dengan begitu kita dapat mengarahkan sebuah kelompok atau orang lain yang merupakan bawahan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan bidang tertentu pula.

Pengertian Lengkap Pemimpin dan Fungsinya | admin | 4.5