Pengertian Lengkap Portofolio Dilihat dalam Beberapa Bidang

Pengertian Portofolio – Bagi individu yang hendak mencari sebuah pekerjaan, sudah pasti sering menjumpai persyaratan lampiran portofolio yang didapatkan dari pekerjaannya terdahulu disertai dengan rekomendasi dari klien. Adapun hasil kerja yang dimaksud dapat berupa foto, kliiping majalah atau koran, rancang bangunan, dll.

Selain itu, portofolio juga sering didengar melalui obrolan topik yang beredar di media massa baik cetak maupun elektronik. Misalnya saja di TV sering kita jumpai istilah portofolio yang dikaitkan dengan gambaran dari kondisi sebuah perusahaan. Atau pada bidang akademis biasanya digunakan untuk menggambarkan tentang prestasi akademik dan non akademik individu. Lantas sebenarnya apa itu portofolio?

A. Pengertian Portofolio dan Macam-macam Dilihat dalam Beberapa Bidang

Portofolio ialah istilah yang mempunyai banyak makna sesuai dengan bidang pemakaian istilahnya. Sehingga, portofolio pada beberapa bidang akan berbeda makna satu sama lainnya. Untuk lebih lanjut, mari kita simak pembahasan di bawah ini ya

1. Portofolio dalam Bidang Ekonomi dan Keuangan

Dalam bidang ekonomi dan keuangan, portofolio dipakai untuk menyebutkan kumpulan dari invenstasi yang dipunyai oleh lembaga/ kelompok dan individu. Dalam portofolio ada istilah diversifikasi yang berarti sebuah bagian dari strategi serta investasi dari manajemen resiko. Apabila sebuah lembaga atau individu memiliki sejumlah asset, dapat mengurangi resiko tertentu. Selain itu, adapula portofolio yang ditujukan guna pengambilan resiko tinggi yang dikenal dengan istilah portofolio konsentrasi (concentrated portfolio).

Portofolio ini juga disebut dengan sekumpulan dari investasi yang dimiliki sebuah perusahaan, kelompok lembaga  atau individu. Biasanya portofolio menjelaskan tentang perusahaan atau lembaga yang sekaligs menjadi bagian dari investasi tertentu. Portofolio sendiri biasanya dibuat guna meminimalisir atau mengurangi resiko yang bisa terjadi di dalam investasi tertentu.

2. Portofolio dalam Bidang Manajemen dan Pemasaran

Dalam bidang manajemen pemasaran, portofolio biasa dipakai untuk menunjukkan kumpulan dari produk, proyek, layanan jasa/ merk yang biasanya ditaeakan dalam rangka dijual oleh lembaga atau perusahaan. Guna mengembangkan portofolionya, perusahaan atau lembaga bisa saja memakai beragam teknik analisis misalnya analisis Boston Consulting Group (BPG),  teknik analisis margin kontribusi, teknik analisis G.E dengan multi faktor, dan teknik analisis Quality Function Deployment (QFD). Biasanya masing-masing perusahaan akan berupaya untuk meraih atau mencapai diversifikasi serta kesseimbangan di dalam portofolio produk yang akan ditawarkan.

Selain itu, pada bidang manajemen dan oemasaran, portofolio biasanya digunakan untuk menjelaskan sekumpulan produk, jasa, dan merk yang ditawarkan untuk pelanggan dari perusahaan besar. Biasanya, orang-orang yang bekerja di bidang ini akan menunjukkan portofolionya ketika ingin menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan lain.

3. Potofolio dalam Bidang Politik dan Pemerintahan

Dalam bidang politik dan pemerintahan, portfolio ialah pilar atau pondasi dari pemerintahan yang juga berisi tentang kewajiban dari jajaran menteri dan kabinet di pemerintahan. Dengan kata lain, portofolio dalam bidang pemerintahan yang berfungsi sebagai pilar atau pondasi pemerintahan yang juga berlaku bagi seluruh pejabat yang memiliki kendali atas departemen di dalam pemerintahan.

4. Porofolio dalam Bidang Pendidikan

Definisi portofolio di bidang pendidikan yakni difungsikan sebagai catatan/ berkas yang biasanya dipakai untuk menunjukkan adanya pencapaian atau pemenuhan target prestasi individu. Biasanya portofolio di bidang pendidikan akan dipakai untuk menentukan nilai atas kemampuan individu di bidang akademik. Adapun contoh dari berkas portofolio di bidang pendidikan misalnya ijazah, rapot, sertifikat partisipan atau pelatihan, piagam penghargaan, dll.  adalah sebagai catatan ataupun berkas yang digunakan untuk menunjukkan pencapaian ataupun prestasi seseorang. Portofolio di bidang pendidikan biasanya digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk menilai kemampuan seseorang secara akademik.

5. Portofolio dalam Bidang Seni

Pada bidang ini, portofolio berarti kumpulan dari bukti hasil kerja maupun  karya yang biasanya dibuat oleh seniman, artis, dll. Portofolio di bidang ini biasanya berupa foto, lukisan, dll.

Baca Juga : 

Itulah sedikit dari informasi tentang portofolio yang dapat kami bagi. Semoga bermanfaat ya! Sampai jumpa di postingan yang lain

Incoming search terms:
portofolio bidang politik dan pemerintahan
Pengertian Lengkap Portofolio Dilihat dalam Beberapa Bidang | admin | 4.5