Pengertian Lengkap Sastra dan Fungsi Sastra dalam Kehidupan Manusia

Indonesia ialah salah satu negara yang memiliki kekayaan akan sastrawan hebatnya. Dari zaman dahulu hingga saat ini ada ratusan bahkan ribuan sastrawan hebat berasal dari Indonesia. Sebut saja Chairil Anwar, Rendra, Kahlil Gibran, dll. Mereka semua adalah sastrawan dengan segudang karya yang berhasil menyalurkan emosi karyanya kepada pembaca. Lantas sebenarnya apa arti dari sastra? Apakah sastra berfungsi dalam kehidupan manusia? Simak pembahasan berikut ini ya

A. Pengertian Sastra Menurut Para Ahli Dan KBBI

Disebutkan dalam KBBI, sastra adalah jenis karangan karya tulis yang unggul dalam segi originalitas, nilai artistic, dan keindahan isi dan pengungkapannya. Sastra sendiri berasal dari kata kesusastraan atau susastra. Su artinya indah dan sastra artinya lukisan atau karangan. Jadi bila digabungkan arti dari susastra adalah karangan yang indah. Kesusastraan ialah segala jenis tulisan ataupun karangan yang memiliki nilai kebaikan dengan penulisan menggunakan bahasa yang indah dan artisitik. Sastra didefinisikan oleh beberapa ahli, berikut adalah beberapa ahli yang mendifinisikan sastra:

  • Semi, sastra ialah suatu karangan yang berasal dari aktivitas seni kreatif yang dikerjakan manusia dengan menggunakan bahasa sebagai medianya.
  • Panuti Sujiman mendefinisikan sastra sebagai karya lisan atau tulisan yang memiliki ciri berupa keindahan, artistic, dan keaslian pada bagian isinya.
  • Ahmad badrun menjelaskan bahwa sastra adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan seni yang mengandalakan gaya bahasa dengan sifat imajinatifnya.
  • Plato menjelaskan bahwa sastra ialah hasil dari tiruan serta gambaran dari hal-hal yang bersifat nyata. semua karya sastra harus berwujud teladan yang berasal dari alam semesta.
  • Aristoteles menjelaskan bahwa sastra ialah kegiatan yang dilaksanaan berlandaskan agama, filsafat, serta ilmu pengetahuan.

Baca Juga : Pengertian, Unsur, dan Struktur Cerita Pendek

B. Fungsi Sastra

Sastra juga memiliki fungsi di dalam kehidupan manusia diantaranya sebagai berikut:

1. Fungsi Rekreatif

Sastra berfungsi sebagai hiburan atau dapat dijadikan hiburan bagi penikmatnya. Baik sastra yang berupa karangan cerita maupun syair.

2. Fungsi Didaktif

Sastra berfungsi untuk memberikan ilmu pengetahuan serta wawasan kepada penikmatnya tentang hal-hal yang terkandung di kehidupan manusia. Misalnya adalah sastra karangan Pram yang membuat pembaca mengerti tentang sejarah Indonesia.

3. Fungsi Moralitas

Sastra berfungsi sebagai sebah media untuk menjelaskan atau memberitahukan tentang macam-macam hal yang digunakan sebagai cerminan dari perbuatan moral baik dan buruk. Misalnya adalah karangan sastra berjudul Siti Nurbaya dari Marah Rusli yang mengajarkan tentang moral budaya dan cinta.

4. Fungsi Religius

Fungsi religius pada sastra yakni sebagai karya yang berisi kandungan ajaran agama yang dapat dijadikan teladan bagi penikmatnya.

5. Fungsi estetis

Yakni sastra dinilai harus mampu memberikan nilai keindahan pada karyanya untuk dinikmati oleh orang lain.

Demikianlah  sedikit informasi artikel pendidikan singkat tentang pengertian dan fungsi sastra dalam kehidupan masyarakat sehari-hari . Semoga artikel ini bermanfaat !

Incoming search terms:
arti sastra untuk kehidupan manusiacontoh sastra dalam kehidupan sehari-harifungsi sastra bhs indonesifungsi sastra pada agamamanfaat seni sastra dalam kehidupan sehari hariPengertian sastra dalam kehidupan sehari harisastra dalam kehidupan
Pengertian Lengkap Sastra dan Fungsi Sastra dalam Kehidupan Manusia | admin | 4.5