Pengertian Literatur dan Jenis Literatur

Literatur, seorang pelajar dan pengajar pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Lantas sebenarnya apa itu literature? Mari simak pembahasan di bawah ini ya 

Apa Itu Literatur?

Literatur adalah sumber atau pedoman yang digunakan untuk berbagai jenis kegiatan di bidang pendidikan. Literature juga diartikan sebagai sebuah rujukan untuk memperoleh informasi tertentu yang dapat berupa buku ataupun tulisan dalam bentuk selain buku. ALA Glozary of Library and Information Science mengartikan literature sebagai  bahan bacaan yang digunakan untuk memnjalankan kegiatan intelektual.

Apa saja Jenis – jenis dari Literatur?

Literatur dapat dikalsifikan menurut beberapa kategori sebagai berikut:

1. Literatur berdasarkan Tempat Koleksinya

Berdasarkan tempat koleksinya, literatur ini dibagi menjadi dua yakni sebagai berikut:

  • Koleksi Umum, literature ini meliputi berbagai jenis buku yang ditujukan untuk kelas pembaca yang dewasa. Biasanya literature ini ditempatkan di rak terbuka dan bebas yang bisa digunakan siapapun sebagai sumber bacaannya. Misalnya buku popular tentang tanaman, binatang, novel, dll.
  • Koleksi Referensi yakni sekumpulan informasi yang digunakan secara khusus untuk menjawab pertanyaan dari pengguna. Biasanya literature ini berupa kamus, buku petunjuk, serta ensiklopedia.

2. Literatur berdasarkan Tingkat Analisisnya

Jenis literature ini dibedakan menjadi tiga macam sebagai berikut:

  • Literature primer ialah literature yang terbuat dari hasil penelitian yang sebelumnya tidak pernah diterbitkan. Biasanya literature ini berisi ide atau teoru baru dari berbagai macam bidang ilmu.
  • Literature sekunder adalah literature yang ditulis dengan cara merujuk atau mengutip dari literature primer, dan biasanya tidak menunjukkan adanya temuan baru.
  • Literatur Tersier ialah literature yang berisi tentang beberapa jenis informasi berupa petunjuk yang digunakan untuk memperoleh literature sekunder, misalnya biografi, direktori, dll.

3. Literatur berdasarkan Sifatnya

Literature ini dibedakan menjadi 3 macam sebagai berikut:

  • Dokumen tekstual ialah literature yang isinya tentang macam-macam teks tertulis yang bisa dan mudah terbaca.
  • Dokumen non tekstual ialah literature yang diwujudkan dalam bentuk selain teks misalnya suara dan gambar.
  • Dokumen campuran adalah gabungan dari literature tekstual dan non tekstual.

Jadi demikianlah pembahasan dari definisi dan macam-macam literature kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca

Incoming search terms:
apa itu literaturliteratur adalahliteraturpengertian literaturliterature adalahapa itu literaturecontoh buku literaturpengertian literatur ideologipengertian literaturepengertian literatur menurut para ahli
Pengertian Literatur dan Jenis Literatur | admin | 4.5