Pengertian Lengkap Metode Ilmiah dan Unsur-unsurnya

karya ilmiah dan unsur unsur didalamnya – Ketika mengerjakan tugas yang berkaitan dengan penulisan ilmiah, individu dituntut untuk menggunakan metode ilmiah sebagai penoman penelitian dan penulisan. Oleh karena itu, sudah menjadi sebuah keharusan bagi pelajar dan pelaku pendidikan untuk memahami tentang metode ilmiah. Berikut adalah uraian singkat dari penjelasan metode ilmiah, selamat membaca

A. Pengertian Metode Ilmiah

Metode ilmiah adalah sebuah proses keilmuan yang ditujukan untuk mendapatkan pengetahuan secara sistematis menurut bukti fisisnya. Metode ilmia berasal dari gabungan dua kata, yakni metode yang berari cara, dan ilmiah yang berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan pengetahuan. Maka apabila digabungkan, metode ilmiah berarti sebuah cara yang dilakukan guna mengetahui dan mendapatkan segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Baca Juga Pengertian Seminar dan Pihak-pihak yang Ada di Dalamnya

B. Unsur Dasar Metode Ilmiah

Metode ilmiah mempunya 4 unsur utama diantaranya sebagai berikut:

1. Karakterisasi atau pengamatan dan pengukuran objek

Yaitu sebuah proses mengidentifikasi karakteristik atau sifat utama yang relevan dengan objek yang sedang diteliti. Proses ini meliputi pengamatan dan pengukuran objek yang berhubungan dengan penelitian. Kemudian hasilnya akan ditabulasikan ke dalam tabel, dan disajikan ke dalam bentuk diagram atau grafik. Semua pengukuran terseut dibuat dengan hitungan statistic.

2. Hipotesis

Hipotesis adalah kegiatan menduga sementara terkait kegiatan pengamatan dan pengukuran yang telah dilakukan sebelumnya. Hipotesis dibuat dengan cara menyesuaikan data nyata dari hasil pengamatan dengan data sekunder yang sudah ada sebelumnya.

3. Prediksi atau Deduksi dari Hipotesis

Apabila hipotesis yang dibuat bermanfaat, maka peneliti langsung dapat membuat prediksi atas kegiatan yang sedang ia amati. Prediksi atau deduksi ini biasanya dibuat guna memprediksikan hasil akhir dari percobaan atau eksperimen yang dilakukan peneliti. Adapun hasil dari prediksi harus dibuat dengan mempertimbangkan sifat statistiknya dan kebenarannya juga belum diketahui sepenuhnya.

4. Eksperimen

Eksperimen adalah kegiatan yang dilakukan untuk menguji deduksi. Jika deduksi atau prediksi yang diuji sesuai dengan hasil percobaan atau eksperimen, maka besar kemungkinan hipotesis yang ditulis adalah benar. Dan begitupun sebaliknya, jika tidak sesuai maka akan digantikan dengan hipotesis yang baru.

Jadi sudahkah pembaca memahami sedikit tentang penjelasan metode ilmiah? Semoga artikel pendidkan singkat ini bermanfaat untuk kita semua ya

Incoming search terms:
unsur unsur metode ilmiahunsur metode ilmiahunsur unsur metode ilmiaUnsur-unsur metode ilmiaunsur metodejelaskan unsur unsur metode ilmiahkarya ilmiah dan unsur-unsurnyaunsur metodik ilmiahunsusr unsur metode ilmiahunsur unsur metode
Pengertian Lengkap Metode Ilmiah dan Unsur-unsurnya | admin | 4.5