Pengertian Molekul Beserta Contoh dan Jenis-Jenisnya

Ini merupakan materi pendidikan favorit dari admin gamepos.id yaitu pembahasan lengkap Pengertian dan Macam-macam Molekul beserta Contohnya dalam Biologi . Langsung saja simak pembahasan dibawah ini :

Daftar Isi:

A. Pengertian Molekul

Molekul merupakan kumpulan atom yang terdiri dari dua atau lebih yang terdapat di dalam susunan tertentu yang diikat oleh ikatan kimia. Kumpulan atom tersebut akan saling berkaitan dengan kuat dan membawa muatan netral dan stabil (tidak membawa muatan listrik). Sekumpulan atom ini saling terkait dengan membentuk bagian terkecil dari senyawa atau zat yang bisa berdiri sendiri-sendiri. Sehingga, molekul juga dapat didefinisikan sebagai zat tunggal yang dapat diuraikan lagi menjadi bagian yang lebih sederhana melalui reaksi kimia dan merupakan penggabungan dari beberapa unsur, baik itu sama maupun berbeda.

Untuk menghasilkan sebuah molekul, dibutuhkan penggabungan antara beberapa unsur yang sejenis dan tidak sejenis dengan beberapa perbandingan. Molekul dan atom adalah senyawa yang saling terikat, bahkan dapat dikatakan jika ada molekul pasti ada atom, begitu juga sebaliknya. Molekul ini terbentuk dari kumpulan atom yang berdasarkan pada susunan di ruangan elekron. Molekul terkecil disebut dengan hydrogen diatomic (H2) dengan total molekul adalah dua kali panjang ikat yaitu 0.74 A. Adapun molekul dengan  ukuran besar disebut dengan makromolekul atau supermolekul.

Baca Juga :

Pengertian, Fungsi, dan Struktur Sitoskeleton

B. Jenis-Jenis Molekul

Pada umumnya, bentuk molekul sangat kecil hingga tidak bisa dilihat dengan kasat mata, namun molekul tetap dapat dilihat dengan cara hibridasi dan mikroskop gaya atom. Ilmu yang mempelajari tentang molekul dinamakan fisika molekuler atau kimia molekuler. Kima molekuler membahas hukum yang berisi aturan interaksi antar molekul, sedangkan fisika molekuler membahas tentang hukum yang isinya aturan terkait struktur dan sifat molekul. Molekul diklasifikasikan menjadi dua golongan yakni molekul unsur dan senyawa.

1. Molekul Unsur

Molekul unsur merupakan molekul yang terbentuk atau tercipta dari hasil gabungan atom atau unsur yang sejenis. Apabila berbicara tentang molekul unsur, unsur dinamakan berdasarkan dengan jumlah unsur gabungannya. Misalnya dwiatom merupakan gabungan dari 2 atom, triatom yakni molekul yang dibentuk dari 3 atom, tetraatom yaitu terbentuk dari 4 atom, dan yang terdiri dari 3 ataul lebih disebut dengan molekul poliatomik. Contoh molekul unsur yaitu O2 (oksigen), O3 (ozon), P4 (fosfor), H2 (hydrogen), dll.

2. Molekul Senyawa

Merupakan molekul yang tercipta atau terbentuk dari gabungan atom atau unsur yang jenisnya berbeda. Jika semua senyawa dapat dikatakan molekul, semua molekul tidak dapat dikatakan senyawa. Misalnya CO2 (karbon dioksida yang terbentuk dari gabungan 1 atom karbon dan 2 atom oksigen), Co (Karbon monksida, 1 atom karbon dengan 1 atom oksigen), H2O (Air yang terbentuk dari 2 atom hydrogen dengan 1 atom oksigen), dll.

Adapun contoh lain dari molekul yakni proses saat manusia bernafas yang melibatkan molekul unsur dan molekul senyawa dengan reaksi kimia C6H12O6 + 6O2 diubah menjadi Energi + 6CO2 +6H2O. Selain itu, ada pula reaksi kimia Zat Makanan (Glukosa) + Oksigen diubah menjadi Energi + Karbondioksida + Uap Air, yang menunjukkan proses pernafasan membutuhkan oksigen agar dapat menguraikan glukosa yang terkandung di dalam zat makanan untuk menjadi uap air, karbondioksida, dan energi. Kemudian energi tersebut yang akan dijadikan sumber kekuatan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.  Berdasarkan rumus tersebut, molekul unsur yang terlibat adalah oksigen, sedangkan molekul senyawanya berupa air, glukosa, serta karbondioksida.

Incoming search terms:
molekulpengertian molekulpengertian molekul dan contohnyamacam macam molekuljenis jenis molekulcontoh molekulpengertian molekul beserta contohnyamolekul dan contohnyapengertian molekul dalam biologi dan contohnyapengertian dan contoh molekul
Pengertian Molekul Beserta Contoh dan Jenis-Jenisnya | admin | 4.5