Pengertian, Struktur & Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Pengertian Dan Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah Dan Beserta Strukturnya – Dalam masa sekolah SD, SMP, SMA, ada pelajaran bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia, erat kaitannya dengan mengarang. Dalam kesempatan kali ini kami akan ulas pelajaran bahasa Indonesia yang erat kaitannya dengan mengarang.

Teks deskripsi adalah bagian dalam sebuah artikel, cerita, atau karya tulis yang lain. Di mana teks deskripsi ini bertugas sebagai penjelas, penerang, mendetailkan sebuah obyek yang akan ditulis. Kemudian dengan teks deskripsi ini diharapkan pembaca bukan sekedar faham, namun juga mengert dengan jelas serta seolah-olah masuk dan melihat apa yang digambarkan.

Teks deskripsi terdiri dari dua hal, gambar dan tulisan. Namun yang berperan utama dalah tulisan, sehingga gambar hanya penguat saja. Meski begitu, dilarang memakai gambar sebagai ilustrasi. Dan gambar yang digunakan lebih kepada pendukung, penjelas serta penguat.

Pengertian Teks Deskripsi

Dalam sebuah artikel, teks deskripsi lebih sering terletak di bagian bodi atau menjelang akhir. Pengertin dari teks deskripsi sendiri adalah; sekumpulan paragraf yang berbentuk penjelasan mengenai sebuah obyek tertentu. Dengan tujuan menenjelasan secara singkat. Makanya, teks deskripsi anya terbentuk 5 sampai 7 alinea atau paragraf singkat.

Adapun cara penlisan. Teks deskripsi harus sederhana dan padat, sebab teks deskripsi bertujuan untuk menjelaskan sebuah obyek

Kesimpulan:

Pengertian teks deskripsi adalah kalimat singkat dalam satu atau dua paragraf yang berguna untuk menjelaskan sebuah obyek tertentu secara detail, dan teks deskripsi harus disertai sebuah gambar penjelas, bukan ilustrasi.

Cirri-ciri Teks Deskripsi

Dengan mengetahui ciri-ciri teks deskripsi ini, tentu saja akan menguatkan pengetahuan.  Secara umum, sebuah karya tulis baik itu artikel mengandung teks deskripsi meski hanya sebuah berita.

Ciri-ciri teks deskripsi adalah sebagai berikut:

  1. Ada kejelasan dengan teks gambaran dari sesuatu. Gambaran di sini adalah gambaran spesifik. Di mana penjelasan dari teks deskripsi harus detail dan mengenai, tapi dengan kalimat dan bahasa yang singkat.
  2. Teks deskripsi memiliki satu ide pokok. Dalam menggambarkan sebuah obyek, harus terdiri dari 1 ide pokok pada 1 paragraf sehingga gambaran yang dijelaskan jelas dan mengena.
  3. Penjelasan detail akan membawa pembaca kepada keadaan seolah-olah melayang dan berada pada tempat atau obyek yang sedang dijelaskan. Hal ini harus diketahui, karena teks deskripsi memiliki substansi penting pada pembahasan ini.
  4. Teks deskripsi menjelaskan setiap sudut. Bukan hanya warna, teks deskrips harus menjelaskan sebuah obyek dengan jelas dan detail mulai dari warna, sudut, lekuk, tempat, tanggal dan semisalnya.

Struktur Teks Deskripsi                         

Ada beberapa struktur teks deskripsi yang harus diketahui.

  1. Teks deskripsi sebagai sebuah cara untuk mengidentifikasi mengenai sebuah obyek, baik benda, alam, hewan, atau semisalnnya. Sehingga teks deskripsi adalah sebuah cara menjelaskan sebuah obyek dengan bahasa ringkas dan mudah.
  2. Teks deskripi menjadi sebuah alat atau media penyusun sebuah identifikasi obyek menurut kaidah atau standar yang sudah ditetapkan sebelumnya atau sesuai aturan yang ada.
  3. Teks deskripsi memiliki gambaran atau penjelasan mengenai sebuah obyek, topi, gagasan yang terdapat dalam sebuah klasifikasi yang disusun pada teks tersebut

Kesimpulan:

Teks deskripsi merupakan sebuah artikel ringkas informatif, sehingga bentuknya hanya  sampai 6 paragaf. Tapi harus bisa menjadi penjelas secara detail mengenai sebuah obyek.

Jenis-jenis Teks Deskripsi Secara Umum

  1. Deskriptif subjektif. Adalah sebuah teks deskripsi yang ditulis berdasakan kesan dari penulis tersebut.
  2. Hanya berisi penjelasan mengenai benda, ruangan dan lain sebagainya. Tanpa ada opini atau semisalnya
  3. Sebuah tulisan yang ditulis secara gamblang tanpa melibatkan opini dari si penulis sendiri. Jadi sangat informatif

Kesimpulan:

Untuk bisa menulis sebuah teks deskripis harus membuat pola atau alur dulu, sehingga benar-benar sesuai harapan dan jenis dari teks yang akan dibuat berdasarkan 3 jenis teks deskripsi yang ada dan sesuatu standar dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga :

Contoh teks deskripsi tentang sekolahan :

Sekolahanku Ketika TK

Sekolahanku ketika TK bernama Persiapan Negeri. Di mana sekolah itu letaknya sangat terpencil dan sempit. Bahkan orang tidak akan mengira kalau di Gang sempit depan terminal bus Dieng Batur ada sebuah sekolah anak kecil.

Sekolah TK ku terdiri dari 1 ruang kelas saja. Ruangan itu disekat menjadi dua, satu untuk anak kelas A dan satu untuk anak kelas B. Meski terkesan kecil dan remeh, namun TK Persiapan Negeri adalah TK terbaik bagiku.

Dari TK Persiapan Negeri aku mengetahui mengenai dunia, baca tulis dan mengapa manusia perlu memiliki sebuah cita-cita. Dari sana juga aku mengerti bahwa manusia perlu untuk memiliki sebuah pedoman hidup.

Kini, sekolahanku sudah lama dirobohkan oleh pemerintah dengan alasan murid tidak mencukupi untuk terus diadakan pendidikan. Meski hatiku sedih dan tidak rela, tapi apa boleh buat?

Sekarang aku sudah duduk di bangku SMA dan tak lama lagi akan kuliah. Kenangan semasa TK masih terus menjelma. Betapa kebaikan guru di waktu TK, bagaimana perjuangan mereka semua telah menjadikanku pintar. Tak akan kulupa semua usaha mereka, kesabaran mereka mengenalkanku pada setiap huruf sehingga aku bisa mengenal dunia dengan lebih luas.

Incoming search terms:
pengertian teks deskripsistruktur teks deskripsicontoh teks deskripsi singkatstruktur teks artikelteks deskripsi dan strukturnyateks deskripsi tentang sekolahstruktur teks deskripsi dan penjelasannyadeskrisi keadaan sekolah smppenutup teks deskripsicontoh teks deskripsi tentang sekolah beserta strukturnya
Pengertian, Struktur & Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah | admin | 4.5