Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Ulasan

Teks ulasan adalah teks yang berisi tentang sebuah ulasan atau review hasil penilaian terhadap sebuah karya, bisa drama, film, atau buku. Mengulas sebuah karya harus disertai dengan sikap kritis. Hal ini dilakukan agar bis memberikan paparan berisi manfaat untuk perbaikan dari karya yang diulas. Teks ulasan memiliki struktur orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

Struktur Teks Ulasan Beserta Contohnya :

1. Orientasi,

Berisi tentang gambaran atau penjelasan umum terkait karya yang diulas. Gambaran tersebut dapat berisi tentang latar belakang karya yang diulas.

Contoh:

Review Drama Korea Goblin

Goblin adalah drama besutan dari penulis yang juga menggarap serial drama Descendant of Sun. Goblin dibintangi oleh Gong Yoo, Kim Go Eun, Lee Dong Wook, Yoon In Na, dan Seungjae BTOB, serta sederetan artis lainnya. Drama yang tayang di TVN ini tayang dalam 16 episode. Drama ini berkisah tentang pencarian pengantin goblin untuk membuat goblin menghilangkan kutukan kehidupan abadinya.

2. Tafsiran

Berisi tentang gambaran yang disampaikan secara lebih rinci. Rinci yang dimaksud adalah tentang kualitas, kelebihan atau keunggulan, serta keunikan dari karya yang sedang diulas.

Contoh:

Awal episode 1 dibuka dengan alur cerita seorang wanita yang ditakdirkan untuk mati, namun diselamatkan oleh Goblin. Sang wanita yang ternyata sedang mengandung janin, akhirnya dapat terselamatkan dan melahirkan Ji Eun Tak yang tak lain adalah seorang yang ditakdirkan untuk menjadi pengantin goblin.

Dari sinilah konflik mulai dimunculkan, saat goblin mencampuri urusan takdir kematian manusia dan membuat Ji Eun Tak akhirnya menjadi buruan daftar jiwa yang hilang bagi malaikat pencabut nyawa. Konflik yang terjadi di setiap episode semakin beragam dan tidak mudah ditebak. Sehingga penonton dibuat penasaran karenanya. Termasuk saat adegan di mana Goblin dan Malaikat pencabut nyawa sama-sama mengetahui identitas asli masing-masing.

3. Evaluasi

Adalah pandangan atau opini penulis terkait karya. Dalam bagian ini, pengulas memiliki kebebasan untuk berpendapat terkait keunggulan karya dan kekurangan karya demi tujuan memperbaiki bukan menjatuhkan.

Contoh:

Drama 16 episode dengan durasi rata-rata 1 jam 10 menit ini memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Namun kelebihan dan keunikan ceritanya dapat menutupi kekurangan atau kesalahan kecil di dalam drama. ………………………………………….

4. Rangkuman

Berisi kesimpulan hasil ulasan dari karya yang diulas. Dalam bagian ini, penulis akan menyampaikan opininya terkait layak tidaknya karya untuk direkomendasikan kepada orang lain.

Contoh:

Tanpa mengabaikan kekurangan drama, Goblin memiliki karakteristik kuat yang tergambar sepanjang episode dan membuat plot cerita tampil menarik dan tidak membosankan. Oleh karena itu, goblin dapat dijadikan sebagai tayangan yang apik dan berkualitas untuk dinikmati bersama dengan keluarga.

Baca Juga : 

Pengertian, Jenis, dan Contoh Teks dalam Bahasa Indonesia

Ini contoh lengkap dari teks ulasan :

Incoming search terms:
contoh teks ulasancontoh teks ulasan dramacontoh teks ulasan drama beserta strukturnyacontoh teks ulasan tentang pendidikanstrukturpengertian teks ulasan beserta struktur dan contohnyapengertian dan contoh teks ulasanmakalah struktur tekstema 1 guna mengulas teks lisancontoh artikel review drama
Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Ulasan | admin | 4.5