Pengertian Suspensi dan Perbedannya dengan Larutan dan Koloid

Definisi Suspensi dan perbedaan larutan koloid dan suspensi –  Setelah kemarin sempat membahas tentang koloid, nah kali ini yang akan dibahas adalah cairan yang bernama suspensi. Suspensi, bukan istilah asing jika berada di dunia kimia. Selengkapnya mari simak artikel ini ya

A. Pengertian Suspensi

Suspensi ialah istilah di bidang kimia yang dipakai untuk menjelaskan kondisi dari 2 atau lebih campuran dari beberapa benda atau zat. Di kehidupan sehari-hari seringkali kita melakukan kegiatan pencampuran beberapa zat atau benda ke dalam satu tempat sekaligus. Misalnya saat membuat minuman es teh manis, kita akan memasukkan bebrapa zat ke dalam gelas yaitu gula, air, teh dan es batu. Juga misalnya saat membuat kopi kita akan mencampurkan 3 jenis zat yaitu gula, air, dan kopi.

Kedua minuman tersebut memiiki sifat atau karakteristik yang berbeda satu sama lain. Jika campuran zat pada es teh diklasifikasikan ke dalam golongan larutan, lain halnya dengan kopi yang diklasifikasikan menjadi golongan suspensi.

Berdasarkan analogi di atas,  dapat disimpulkan, bahwa sebenarnya suspensi adalah keadaan dimana campuran dari beberapa zat yang bersifat heterogen tidak dapat menyatu atau larut. Contohnya pada kasus kopi dan air, kopi yang bersifat padat dan air yang berupa cairan akan terlihat menyatu di awal proses pengadukan, namun selanjutnya keduanya benar-benar terpisah saat kopi berubah menjadi endapan di bagian dasar gelas.

Pada dasarnya, larutan, koloid, dan suspensi adalah jenis campuran dari beberapa macam zat. Namun ketiganya memiliki perbedaan pada hasil campuran zatnya. Berikut adalah perbedaan mendasar dari ketiga jenis campuran tersebut.

Baca Juga : 

Tabel 1. Perbedaan antara Larutan, Koloid dan Suspensi

Komposisi Perbandingan dari Campuran
Kategori Larutan Koloid Suspensi
Ukuran Partikel Kurang dari 10-7 cm 10-7 < s.d <10-5 cm Lebih dari 10-5 cm
Jumlah Fasa 1 (satu) 2 (dua) 2 (dua)
Distribusi Partikel homogen heterogen Heterogen
Penyaringan Tidak bisa disaring Tidak bisa disaring kecuali dengan menggunakan penyaring ultra Bisa  disaring
Kestabilan Stabil dan tidak berpisah Stabil dan tidak memisah Tidak stabil dan juga memisah
Contoh Larutan gula, garam, dan udara bersih Tepung kanji di dalam air, saus, mayonase, debu di udara Campuran pasir di dalam air, kopi dengan air, sel darah merah dengan plasma putih  di dalam plasma darah.

Sekian pembahasan dari pengertian suspensi lengkap dengan perbedaannya antara larutan dan koloid dalam bentuk tabel. Semoga memberikan manfaat ya, jangan lupa datang lagi ke blog artikel pendidikan singkat ini

Incoming search terms:
pengertian suspensi5 macam zat suspensiperbedaan koloid suspensi dan larutan dalam pelajaran ipapengertian koloid suspensi dan larutan dalam pelajaran ipaHeterogen suspensigolongan supensi dan pengertiannyadefinisi suspensidaftar isi sekaligus materi suspensiciri ciri air teh pada campuran suspensipljrn ipa pengertian suspensi adalah
Pengertian Suspensi dan Perbedannya dengan Larutan dan Koloid | admin | 4.5