Pengertian, Tugas, dan Fungsi Customer Service

Pengertian Customer Service –¬†Customer Service (CS) adalah seseorang yang yang diberikan tugas untuk memberikan pelayanan kepada nasabah atau pelanngan agar bisa memenuhi kebutuhan nasabah terebut. CS memegang peranan penting untuk kepuasan seorang nasabah terhadap layanan yang diberikan sebuah perusahaan. Di dalam dunia perbank-an, tugas CS adalah memeberikan pelayanan serta membina hubungan yang baik dengan masyarakat. Oleh karena itu, seorang CS harus memiliki sifat ramah dan tampil semenarik mungkin.

Daftar Isi:

A. Fungsi Customer Service

Agar dapat menjalankan fungsi dan tugas dengan benar, seorang CS terlebih dahulu harus memahami tugas dan fungsi seorang CS. Berikut adalah fungsi dari seorang CS secara umum:

1. Sebagai Resepsionis

Seorang CS memiliki fungsi sebagai seorang resepsionis atau penerima tamu yang datang ke perusahaan. Tamu dalam konteks ini bisa jadi seorang pelanggan, calon pelanggan, supplier, atau tamu penting lainnya. Adapun yang perlu menjadi catatan adalah, sikap seorang CS sebagai resepsionis harus ramah, sopan, dan menyenangkan saat menghadapi tamu, tanpa memandang jabatan atau kepentingan tamu tersebut.

2. Sebagai Deskman

Fungsi berikutnya yaitu sebagai deskman, artinya CS berfungsi sebagai orang yang melayani beragam permohonan atau palikasi yang diajukan oleh pelanggan atau calon pelanggan. Selanjutnya, deskman juga melihat ulang kelengkapan data dari seorang aplikan.

3. Sebagai Salesman

Fungsi selanjutnya dari seorang CS adalah sebagai salesman, yaitu orang yang bertugas untuk menjual produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan dan calon pelanggan.

4. Sebagai Customer Relation Officer

Fungsi seorang CS sebagai Customer Relation Officer adalah untuk membina hubungan yang baik dengan semua pelanggan, sekaligus untuk mempertahankan pelanggan lama agar tidak pindah ke perusahaan lain.

5. Sebagai Komunikator

Sebagai seorang komunikator, CS merupakan penghubung antara pelanggan dengan perusahaan, atau pihak lain yang memiliki kepentingan dengan perusahaan. Dala hal ini, seorang CS juga berfungsi sebagai informan bagi pelanggan apabila ada kabar terbaru terkait produk atau jasa yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Baca Juga :

B. Tugas Customer Service

Selain memmiliki fungsi & manfaat, seorang CS juga mempunyai tugas customer service juga mempunyai tugas yang disesuaikan dengan fungsi di atas. Berikut adalah tugas dari seorang CS di perusahaan baik di mall, bank, teller dll:

1. Sebagai Resepsionis

Sebagai seorang resepsionis, tugas utama seorang CS adalah menerima dan melayani tamu dengan ramah, sopan, dan menyenangkan. Selama melakukan pelayanan, seorang CS tidak diperkenankan untuk melakukan kegiatan lain misalnya merokok, makan, atau minum.

2. Sebagai Deskman

Tugas utama seorang CS sebagai deskman adalah untuk memberikan informasi tentang produk atau jasa dari perusahaan, terkait manfaat, keunggulan produk, serta menjawab semua pertanyaan pelanggan, dan membantu pelanggan yang membutuhkan pertolongan untuk mengisi formulir.

3. Sebagai Salesman

Tugas seorang CS sebagai salesman adalah menjual produk atau jasa perusahaan, megadakan pendekatan dan pencarian pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama, serta mengatasi keluhan yang disampaikan oleh pelanggan.

4. Sebagai Customer Relation Officer

Tugas seorang CS sebagai customer relation officer adalah untuk menjaga image atau reputasi perusahaan dengan cara membina hubungan yang baik kepada pelanggan, sehingga pelanggan merasa puas dan senang. Tugas lainnya yaitu sebagai penghubung antara perusahaan dengan pelanggan.

5. Sebagai Komunikator

Tugas sebagai komunikator adalah untuk memberikan informasi terbaru kepada pelanggan, selain itu juga sebagai orang yang melayani keluhan pelanggan, dan konsultasi yang dilakukan oleh pelanggan.

Incoming search terms:
tugas customer service malltugas customer servicetugas customer service di malltugas customer service di perusahaanpengertian cstugas cspengertian customer servicecs dan resepsionisarti kata deskmanTugas seorang customer service secara umum
Pengertian, Tugas, dan Fungsi Customer Service | admin | 4.5