Pengertian,Perbedaan Antara Profesi dan Profesional

Pengertian dan Perbedaan Antara Profesi dan Profesional – Pernahkah pembaca mendengar istilah profesi dan professional? Jika berbicara tentang dunia kerja, istilah tersebut tentu sudah tidak asing lagi. Beberapa individu menyatakan bahwa profesi memiliki pengertian yang sama dengan pekerjaan. Padahal sebenarnya keduanya memiliki makna yang berbeda. Begitupun dengan istilah professional, yang maknanya jauh berbeda dengan profesi. Berikut akan kami sampaikan tentang makna profesi dan professional, beserta perbedaannya. Selamat membaca

Pengertian Profesi dan Profesional

Pekerjaan adalah segala aktivitas yang dilakukan manusia dalam rangka mendapatkan timbal balik berupa upah dan tidak memerlukan keahlian khusus misalnya office boy, kasir, dll. Sedangkan profesi merupakan bagian dari pekerjaan. Karena profesi berkaitan dengan pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus di dalamnya, misalnya dokter, akuntan, guru, dll. Sementara itu, professional diartikan sebagai individu yang mempunyai sebuah jabatan di dalam pekerjaannya serta berkecakapan tinggi dan digolongkan menjadi seorang ahli.

  • Profesi adalah bagian dari pekerjaan yang menuntut adanya keahlian atau kemampuan khusus bagi pelakunya.
  • Profesional adalah istilah yang digunakan untuk menyebut individu yang memiliki sebuah profesi dan penampilan individu untuk menunjukkan kinerjanya dalam profesi yang ia pilih. Sehingga dalam hal ini dapat dikatakan bahwa professional terdiri dari dua aspek yakni aspek pengakuan formal dan aspek penampilan. Profesionalisme ialah sebutan yang merujuk pada sikap mental yang berbentuk komitmen oleh pemangku profesi untuk terus meningkatkan kualitasnya. Sedangkan profesionalitas ialah sebutan untuk kualitas dari sikap para pelaku profesi terhadap profesinya dan tingkatan pengetahuan dan kemampuan yang mereka miliki.

Sementara itu, beberapa ahli juga menyatakan bahwa menjadi seorang professional membutuhkan sebuh tingkatan ilmu pengetahuan dan pendidikan lanjut, sehingga ia layak disebut sebagai pakar atau ahli. Secara terminologi, profesional berarti individu yang memiliki sebuah profesi yang dikerjakan dengan mengandalkan kemampuan dan keahlian tinggi di dalamnya.

Perbedaan Profesi dengan Profesional

Berikut adalah rangkuman perbedaan dari profesi dan professional.

Profesi:

  • Dikerjakan dengan keterlibatan sebuah kepribadian yang mendalam
  • Dikerjakan sebagai sebuah aktivitas utama atau biasa dikenal dengan istilah purna waktu
  • Dilakukan untuk mendapatkan upah atau penghasilan
  • Dikerjakan dengan sebuah ketrampilan atau kemampuan tertentu

Profesional:

  • Individu yang memahami dan mengenal kemampuan dan potensi yang dimiliki
  • Menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk mengerjakan aktivitas atau pekerjaan tersebut
  • Umumnya sumber penghasilannya berasal dari pekerjaan yang ia lakukan
  • Adanya rasa bangga terhadap pekerjaan yang dilakukan

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa professional ialah seorang yang memiliki pola pikir yang diwujudhkan dalam aktivitas yang mendatangkan penghasilan baginya. Oleh karena itu, semakin tinggi tingkat professional individu, maka semakin membuat kualitas masyarakat yang semakin tinggi juga.

Itulah sedikit pembahasan tentang perbedaan profesi dengan profesionalitas. Semoga bermanfaat ya

Incoming search terms:
perbedaan profesi dan profesionaljelaskan perbedaan antara profesi dan profesionalperbedaan antara profesi dan profesionalJelaskan perbedaan profesi dan profesionalperbedaan profesi dengan profesionalpengertian profesi dan profesionalJelaskan perbedaan antara profesi dengan profesionalperbedaan profesi dan profesional serta contohnyaperbedaan profesionalapa perbedaan profesi dengan profesional
Pengertian,Perbedaan Antara Profesi dan Profesional | admin | 4.5