Peta Persebaran Fauna di Indonesia Lengkap Beserta Penjelasannya

Indonesia sebagai negara kepulauan menyimpan banyak kekayaan alam flora dan fauna yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Fauna, kata dasar berasal dari bahasa Latin yang diartikan sebagai binatang atau hewan. Secara umum, fauna diartikan sebagai jenis binatang yang hidup di suatu dareah pada periode tertentu.

Pada umumnya, peta penyebaran fauna di wilayah Indonesia bisa diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yakni wilayah Indonesia Barat (Fauna Asiatis), Indonesia Tengah (Fauna Peralihan), dan Indonesia Timur (Fauna Australis). Klasifikasi tersebut didapatkan dari pembagian garis yang memisahkan wilayah Indonesia. Garis Wallace yaitu batas garis yang memisahkan fauna dari wilayah Indonesia Barat dengan wilayah Indonesia Timur. Sedangkan garis Wallace merupakan batas garis yang memisahkan fauna dari wilayah Indonesia Tengah dengan Indonesia Timur.

1. Fauna Wilayah Indonesia Bagian Barat (Fauna Asiatis)

Fauna dan flora yang tersebar di wiayah bagian barat Indonesia memiliki kesamaan ciri dengan flora dan fauna yang tersebar di wilayah Asia. Adapun wilayah yang dimaksud meliputi Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Bali, dan Pulau Kalimantan. Jenis yang sering dijumpai adalah mamalia berukuran besar, misalnya badak, gajah, macan, rusa, kerbau, babi, orang utan, dan lain-lain. Selain itu ada juga jenis reptil seperti buaya, biawak, bunglon, ular, dan sebagainya. Untuk jenis burung misalnya burung kutilang, wallet, hantu, gagak, elang, dan macam-macam unggas. Berikut adalah jenis fauna yang tersebar di wilayah Indonesia barat.

Adapun ciri khas dari fauna Asiatis diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Spesies fauna adalah mamalia berukuran besar
  2. Fauna yang dijumpai tidak memiliki kantung
  3. beberapa jenis burung yang dijumpai tidak memiliki warna yang mencolok atau menarik seperti burung khas wilayah timur
  4. Banyak dijumpai kera dan orang utan
  5. Memiliki banyak spesies ikan tawar misalnya ikan pesut.

    Macan, Badak Bercula Satu, Gajah, dan Bekantan (Fauna Asiatis)

 2. Fauna Wilayah Indonesia Bagian Tengah (Fauna Peralihan)

Jika fauna di wilayah barat disebut dengan asiatis, fauna di wilayah Indonesia Tengah disebut dengan fauna tipe peralihan atau tipe endemik. Disebut demikian karena ciri-ciri fauna di wilayah ini berbeda dengan tipe Asiatis dan Australis. Wilayah yang termasuk bagian Indonesia Tengah diantaranya Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara, serta kepulauan kecil di sekitarnya. Di wilayah tersebut kita akan menjumpai fauna seperti babi rusa, kuskus, anoa, komodo, tapir, kakatura nuri, maleo, dan lain-lain.

Adapun ciri khas dari fauna tipe peralihan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jenis fauna dapat dikatakan sebagai fauna endemik, yang artinya jenis hewan asli Indonesia.
  2. Jenis fauna termasuk kategori langka
  3. Disebutkan dalam sejumlah penelitian, jenis hewan tipe peralihan adalah sisa

Hewan purba yang masih bertahan hingga saat ini.

Orangutan hitam, Tapir, Anoa, Komodo, Burung Maleo

 3. Fauna Wilayah Indonesia Bagian Timur (Fauna Australis)

Tipe Australis, begitulah jenis fauna wilayah Indonesia Timur ini disebut. Wilayah penyebarannya meliputi Papua, Kepulauan Halmahera, dan Kepulauan Aru. Jenis fauna yang tersebar diantaranya kangguru, kaskus, walabi, beruan, landak (nokdiak), pemanjat berkantung (opossum layang), kelelawar, burung cendrawasih, kasuari, namunur, dan lain-lain. Fauna jenis kera dan ikan tawar hampir tidak akan ditemui di wilayah ini.

Wallabi, Burung Cenderawasih, dan Burung Kasuari

Adapun ciri khas dari fauna Australis diantaranya adalah:

  1. Banyak ditemukan jenis fauna mamalia berkantung
  2. Burung di wilayah ini memiliki warna yang mencolok dan berwarna-warni
  3. Jumlah ikan air tawarnya sangat terbatas
Incoming search terms:
peta persebaran fauna di indonesiapersebaran fauna di indonesiapeta persebaran faunagambar peta persebaran fauna di indonesiapeta persebaran flora dan fauna di indonesiagambar persebaran fauna di indonesiapeta persebaran fauna di indonesia beserta keterangannyapeta pembagian fauna di indonesiapeta fauna indonesiapeta persebaran fauna indonesia
Peta Persebaran Fauna di Indonesia Lengkap Beserta Penjelasannya | admin | 4.5