Konsep Kekuasaan Berdasarkan Teori Tradisi Hindu Budha

Hidup di zaman kerajaan, artinya setiap penduduknya akan menganut kepercayaan sama seperti yang dianut oleh rajanya. Tradisi Hindu Budha yang mengajarkan teori reinkarnasi, penduduk percaya bahwa raja adalah wujud dari reinkarnasi yang juga bisa diartikan sebagai titipan dari dewa. Oleh karena itu, ketika raja meninggal akan dibuatkan patung dewa sesuai dengan agama yang dianut oleh raja.

Bagaimana konsep kekuasaan pada kerajaan Hindu Budha?

Konsep hindu budha atau bisa disebut dengan Dewaraja, artinya adalah memuja dan menganggap raja sebagai titipan dewa, dan biasanya dikaitakan dengan Dewa Siwa dan Wishnu. Konsep awal gagasan ini berasal dari gagasan India tentang raja dunia Cakrawatin. Apabila diartikan secara politik, konsep tersebut adalah bentuk dari upaya justifikasi dari kekeuasaan raja dengan cara memanfaatkan agama. Bangunan seperti candi Prambanan, Borobudur, dan Angkor Wat adalah bentuk dari keberhasilan ditanamkannya konsep hindu budha – dewaraja pada masa itu.

Berdasarkan teori tersebut, dapat disimpulkan bahwa raja memiliki otoritas penuh pada pemerintahannya dan mengakibatkan susunan negara yang tersusun secara hirarkis. Konsep ini akhirnya menyuarakan bahwa raja adalah sosok yang dianggap keramat dan pusat alam semesta. Konsep tersebut akhirnya mempengaruhi pola pikir penduduk yang dimanfaatkan untuk memobilisir tenaganya untuk mendirikan bangunan yang dijadikan simbol kemegahan raja seperti candi.

Konsep dewaraja sendiri sebenarnya dibentuk dengan cara ritual keagamaan yang disimbolkan dalam pranata kerajaan yang menganut agama Hindu Budha. Konsep tersebut memudahkan raja untuk memiliki otoritas penuh yang dapat dimanfaatkan sebagai alat legitimasi politik , alat kelola tatana sosial, serta untuk emnata aspek ekonomi dan agama suatu kerajaan.

Konsep tersebut juga dipakai untuk memuliakan raja yang menuntut pengabdian dari rakyatnya. Dari konsep terebut, secara tidak langsung telah menerapkansistem kasta India yang mengklasifiaksikan manusianya sesuai dengan kelas soialnya.

Incoming search terms:
bagaimana konsep kekuasaan pada kerajaan hindu buddhacontoh penerapan konsep kerajaan hindu budhakonsep hindu buddhakonsep keagama hindu budhakonsep kekuasaan pada masa hindu budha
Konsep Kekuasaan Berdasarkan Teori Tradisi Hindu Budha | admin | 4.5