Penjelasan Lengkap Perbedaan Jin dan Siluman Menurut Islam

Lazim kita dengar di masyarakat, bahwa di masa lalu para sesepuh sering berinteraksi dengan Jin bahkan siluman. Disebutkan dalam babat tanah pasundan, Prabu Siliwangi memiliki anak buah dari bangsa Jin Dan siluman. Bahkan banyak sekali cerita legenda yang menyebutkan antara Jin dan Siluman. Nah, meski kadang kita mendengar istilah siluman sebenarnya hanya ada di dalam film, namun dalam kenyataan ada, kok.

Di dalam Islam, diyakini bahwa Allah menciptakan alam semesta dan mengisinya dengan mahluk yang disebut jin dan Manusia. Keterangan mengenai ini ada di dalam surat Adzariyat ayat 56. Dan mengenai siluman, rasanya harus diulas lebih dalam. Sebab, ada perbedaan antara keduanya jika dilihat dari satu sisi. Namun secara asal, keduanya sama saja.

Perbedaan Jin dan Siluman

Bicara mengenai Jin, berarti tidak bisa lepas dari ayat alquran. Di mana keterangan mengenai keberadaannya sangat jelas. Dikatakan dalam alquran,

“Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah kepada-Ku”
(QS: adz-Dzariyat;56)

Tafsir:
Dengan adanya konteks ini, manusia selalu merasakan kebutuhan akan Tuhan, dan dengan demikian ia tidak berbuat sesuka hati. Karena itulah, akan ada kendali atas prilakunya selama hidup.

Apa Itu Jin?

Jin adalah mahluk yang diciptakan dari bara api. Sedangkan Iblis adalah salah satu jenis jin. Keterangan dari Alquran sebagai berikut,

 Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat:  “Sujudlah kamu kepada Adam”, maka sujudlah mereka kecuali iblisDia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Allah) bagi orang-orang yang lalim. (Kahfi 50)

Apa Itu Siluman?

Jika sudah jelas asal-usul Jin, sekarang apa sih siluman itu?

Ada yang mengatakan kalau siluman adalah perwujudan dari Jin yang kemudian merasuk ke dalam tubuh manusia. Lalu membawa perubahan dalam kehidupannya. Jadi, siluman menurut cerita legenda asalnya dari manusia yang kemudian berubah secara energi. Sedangkan wujudnya masih sama.

Karena perubahan energi inilah yang kemudian membuatnya menjadi kasat mata, atau bahkan bisa menampakkan diri dalam ujud lain. Secara energi, siluman sama dengan Jin. Karena hal inilah ada yang menyebut siluman sebagai Jin juga.

Contoh Siluman dalam Mitos

1. Nyai Roro Kidul dan Dewi Lanjar

Konon, keduanya adalah anak salah satu Bupati di Tanah Jawa. Hanya karena sering dizalimi kemudian keduanya melakukan tirakat. Dan kemudian, laku tersebut membawa keduanya dalam kesaktian. Nah, jadilah keduanya menjadi siluman.

Nyai Blorong dengan ujud ular bersisih hijau dan dewi lanjar dengan ujud yang lain. Bukan hanya keduanya, namun masih banyak yang lain. Mari kita simak contoh siluman lainnya.

2. Buaya Putih dan Kera Putih

Konon kisahnya, keduanya adalah jelmaan dari manusia yang semasa hidup, selalu berusaha menjadi orang kaya. Istilahnya rakus dengan harta. Kemudian karena suatu hal dia dikutuk menjadi siluman buaya putih dan juga kera. Sebenarnya bukan cuma itu, tapi ada lagi seperti ular buntung dan semisalnya.

Nah, itulah ringkasannya. Semoga bermanfaat. Namun apapun yang ada, jelas saja siluman dan Jin adalah mahluk Tuhan. Jadi, sebagai manusia yang beriman kepada adanya sang pencipta, kita wajib untuk meyakini keberadaannya. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang.

Incoming search terms:
perbedaan jin dan silumansiluman menurut islamapakah siluman itu menurut islamperbedaan siluman dan jinsilumanapa perbedaan jin dan silumansiluman menurut al quranhttps://gamepos id/penjelasan-lengkap-perbedaan-jin-dan-siluman-menurut-islam/perbedaan jin dengan silumanjin dan siluman
Penjelasan Lengkap Perbedaan Jin dan Siluman Menurut Islam | a dfadfa | 4.5