Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia, Perkembangan, dan Penyebarannya

Agama Islam usianya sudah 1438 tahun. Dan sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Bahkan menjadi salah satu agama terbesar di dunia ini. Wajar jika banyak yang suka dengan islam. Karena agama samawi ini membawa kepada kedamaian yang hakiki dan lugas. Misalnya, menyembah hanya 1 Tuhan. Dan memperlakukan seluruh pemeluknya sama.

Di Indonesia, sejarah masuknya Islam secara pasti tidak bisa dilacak. Namun, banyak sekali riwayat yang mengatakan, kalau masuknya Islam ke Indonesia dibawa oleh pedagang Arab di zaman dulu. Bahkan, Indonesia menjadi Negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia.  Berikut table atau perhitungan jumlah pengantu agama Islam disbanding yang lain.

Berbeda dengan agama Kristen, yang jelas dibawa oleh para misionaris dari kalangan penjajah Belanda. Islam dibawa oleh pedagang Arab jauh sebelumnya. Beberapa literature menunjukkan, agama Islam di Indonesia mengalami perkembangan pesat sekali. Perkiraan, pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 85%.

Dengan jumlah yang begitu besar, Indonesia harusnya memiliki sejarah yang jelas soal alasa-usul agama Islam di tanah nusantara ini. Untuk itu, mari kita simak sedikit informasi awalnya. Meski tidak bisa ditelusuri asal-usul secara jelas, minimal ada beberapa literature yang menjelaskan kapan dan bagaimana proses masuknya ke Indonesia.

Sejarah Masuknya Agama Islam di Indonesia

Ada banyak versi mengenai masuknya Islam di Indonesia. Dari banyak versi itu, terbagi menjadi beberapa yang valid dan bisa dipercaya. Dan beberapa versi itu kami ulas di bawah ini. Mari kita simak selengkapnya.

1. Sejak tahun 1082 Masehi

Teori ini didasarkan dari penemuan batu nisan dengan nama Fatimah binti Maimun. Nah, angkanya adalah tahun 1082 masehi. Dari sini banyak yang mengambil kesimpulan bahwa islam masuk sejak abhad 11 masehi.

Dan kemudian menyebar sampai sekarang. Dengan asal mula agama Islam datang di tanah Jawa. Lalu dipopulerkan oleh organisasi bernama Walisongo atau 9 Kyai yang populer. Namun klaim ini tidak sendiri. Ada banyak teori yang lain.

2. Masuk sejak abad 13 Masehi

Klaim atau landasannya adalah runtuhnya daulah Abassiah di Baghdad (1258), jurnal dari Ibnu batuta dan yang lain. Serta adanya penemuan makan dari Sultan Samudra Pasai di Aceh yang tanggalnya adalah Abad 13 Masehi.

Nah, meski sebagian orang menganggap ini berita otentik, tetapi teori ini tidak sendiri, jadi masih ada teori yang lain yang harus dipertimbangkan. Dan teori terakhir adalah.

3. Masuk pada Abad 7 Masehi

Nah, teori ini didasarkan dari perdagangan antara orang Arab dengan kerajaan Sriwijaya. Jadi, masuknya Islam di Indonesia dibawa oleh para pedagang dari Negara Arab. Dan teori ini paling mahsyur serta diajarkan di sekolahan dasar ataupun lainnya.

Meski sebenarnya, kalau soal klaim maka masih banyak bukti yang tidak diungkap ke public. Nah, dari semua itu, sekarang agama Islam menjadi nomor 1 di Indonesia dan mendominasi. Apa sih kira-kira yang menyebabkan sampai begitu menjamur serta sejarah penyebarannya? Mari kita simak.

Sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia

Sebelum kita bicara lebih panjang soal penyebaran, bagaimana jika kita bicarakan dulu soal saluran atau sarana penyebarannya. Sehingga pemahaman kita akan kompleks. Mari kita simak.

Sarana penyebaran agama Islam

  • Sangat efektif, karena terbukti dalam literature juga dikatakan, salah satu penyebaran agama Islam di Indonesia pertama kali di bawa oleh pedagangan dari Gujarat dan India ke Indonesia
  • Saluran perkawinan. Para pedagangan yang beragama Islam menikah dengan pribumi. Kemudian pasangaannya itu ikut menganut Islam.
  • Dengan face to face atau secara umum. Cara ini masih dilakukan sampai sekarang dan menjadi inti dari penyabaran agama Islam selain dengan dagang dan pernikahan. Seperti yang dilakukan Wali Songo dan para ulama lainnya.
  • Adanya pesantren sebenarnya bukan hal baru. Bahkan ini menjadi salah satu media penyebaran yang cukup efektif di Indonesia dan belahan dunia yang lain.
  • Budaya dan tradisi. Salah satu kunci keberhasilan dakwah Walisongo di tanah Jawa adalah dari tradisi dan budaya yang ada. Dan hal ini bisa ditemukan di jawa Tengah di masa kini. Peninggalan para wali masih banyak.

Berbagai alasan Agama Islam Mudah diterima Masyarakat

Mudah dalam persyaratan. Untuk bisa masuk islam, seseorang hanya mengucapkan dua kalimat syahadat saja

  • Ibadah sederhana dan tidak perlu biaya
  • Adil dalam kemanusiaan
  • Tidak ada system kasta
  • Logis
  • Mengutamakan akal sehat

Adapaun mengenai sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia serta proses penyebarannya, terjadi dari abad 7 sampai 13. Dan ini adalah pendapat yang diyakini oleh banyak sejarawan islam.

Penyebaran dimulai oleh para pedagang dari Arab, Gujarat, dan Persia. Mereka berdagang sambil intensif menyebarkan Islam. Bukan hanya di Indonesia, namun di berbagai tempat yang mereka kunjungi di berbagai belahan dunia.

Ditambah atau diteruskan oleh para dai, yang berprofesi sebagai pedagang. Ketika mereka sudah masuk Islam, mereka juga gemar dan gencar menyebarkan agama islam ke seluruh penjuru Indonesia.

Mengenai bukti bahwa Islam di Indonesia dibawa oleh pedagang dari Arab, dibuktikan dengan adanya nisan dan silisah para Wali yang ada di Indonesia. Kebanyakan mereka nasabnya sampai ke negeri Arab seperti Palestina, Suriah dan banyak lagi.

Dan pada akhir abad ke 12 Masehi, kekuasaan politik dan ekonomi Kerajaan Sriwijaya mulai merosot. Kondisi ini membuat para pedagang beragama muslim dan mubalighnya semakin gencar berdakwa. Ditambah semakin banyak daerah yang ingin melepaskan diri dari kekuasaan sriwijaya.

 

Nah, kemudian pada awal abad ke 15, kerajaan Majapahit mengalami kemerosotan dan runtuh pada tahun 1478. Kemudian banyak daerah yang ingin melepaskan diri darinya. Terbukti, tahun 1500 Demak memproklamirkan sebagai kerajaan Islam pertama di tanah Jawa.

Lalu muncul Kesultanan Banten dan Kesultanan Cirebon sebagai kerajaan islam. Di luar Jawa muncul juga Kesultanan Ternate, Kesultanan Gowa, dan kesultanan Banjar sebagai kerajaan dengan corak Islam.

Adanya Dai berperan sebagai ujung tombak dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Seperti kerajaan Demak yang memiliki pendidikan dai. Selain itu ada kerajaan Banjar, Cirebon dan yang lain. Sampai sekarang, Islam menjadi jaya dan dominan di Indonesia, atas jasa para dai yang selalu berusaha menyebarkan agama yang penuh kedamaian ini.

Itulah sekelumit mengenai sejarah islam di Indonesia, mulai dari kedatangan, dan juga penyebarannya. Semoga ringkasan ini bermanfaat dan bisa dijadikan rujukan dalam hidup seorang muslim di tanah nusantara ini.

Incoming search terms:
jelaskan sejarah masuknya islam ke indonesia perkembangan dan penyebaranyajelaskan sejarah masuknya islam ke indonesia perkembangan dan penyebaran nyajelaskan sejarah masuknya islam ke indonesia perkembangan dan penyebaranjelaskan sejarah masuknya islam di indonesia perkembangan dan pembubaranjelaskan sejarah masuknya islam di indonesia pembubaranJelaskan sejarah masuk nya islam di indonesia perkembangan dan pembubaranjelaskan sejarah islam di Indonesia perkembangan dan penyebarandisajailn wacana tentang proses masuknya islam ke indonesia perta didik mampu memyimpulkan proses masuknya islam ke indonesiadaftar tahun masuknya islam ke indonesiatesk narasi tentang perkembangan agama islam di indonesia
Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia, Perkembangan, dan Penyebarannya | admin | 4.5