Tips Ampuh Merawat PS4 Agar Lebih Awet

Menjalani aktivitas hobi di sela-sela rutinitas memang menyenangkan. Karena kita akan merasa lebih rileks dan terbebas sejenak dari beban pekerjaan. Kita tak harus merogoh kocek dalam-dalam jika ingin menekuni hobi. Karena saat ini ada banyak hobi menarik yang tak butuh biaya besar, salah satunya adalah bermain game.

Jika kita sudah memiliki konsol game canggih berupa PS4, aktivitas bermain game tentu semakin leluasa. Perangkat elektronik yang satu ini sangat menarik karena varian game-nya pun sangat beraneka ragam. Pasti seru sekali bila bisa mengisi waktu luang dengan memainkan PS4 yang kita inginkan. Namun jika kamu belum memiliki console game yang satu ini, kamu bisa mendapatkannya di MatahariMall sekarang juga. Toko online MatahariMall.com menyiapkan PS4 dan aneka konsol game berkualitas lainnya. Varian yang beragam akan membuat kita leluasa memilih sesuai keinginan.

Nah jika kamu sudah memiliki PS4, agaf perangkat elektronik kesayangan ini senantiasa awet dan performanya maksimal, sebaiknya kita memahami cara merawat PS4 yang benar. Beberapa tips ini bisa membantu kita merawat PS4 secara praktis dan tepat mulai sekarang:

Membersihkan PS4 Secara Teratur

Sebaiknya kita membersihkan PS4 minimal seminggu sekali. Bersihkan dengan kain lap micro fiber yang agak lembap agar debu-debunya terangkat. Jangan lupa pula membersihkan sela-sela PS4 supaya debunya tidak masuk dan mengganggu komponen dalam PS4. Tips pertama yang sederhana ini terbilang cukup ampuh untuk mencegah kerusakan PS4 akibat kotoran.

Menempatkan PS4 di Lemari Khusus

Saat PS4 sedang tidak digunakan, kita bisa menyimpannya di lemari khusus yang tertutup. Hal ini akan membuat PS4 senantiasa bersih. Risiko PS4 rusak akibat guncangan, benturan, atau goresan pun bisa diminimalkan. Sesekali kita bisa mengeluarkan PS4 dari lemari untuk dibersihkan.

Letakkan PS4 di Tempat yang Datar

Ketika sedang dimainkan atau disimpan, PS4 mesti diletakkan di tempat yang datar. Karena posisi PS4 akan menentukan kinerja komponen-komponen di dalamnya. Usahakan untuk meletakkan PS4 di lantai atau meja. Hindari permukaan lembut seperti karpet. Sebab permukaan yang lembut malah membuat sirkulasi udara pada PS4 jadi terhambat. Akibatnya, PS4 jadi cepat panas ketika digunakan.

Jangan Bermain Secara Berlebihan

Keseruan saat bermain PS4 memang bisa membuat kita lupa waktu. Padahal konsol game yang satu ini juga harus beristirahat agar komponen bagian dalamnya tidak bekerja berlebihan. Jika sudah bermain game selama 2 hingga 4 jam, kita bisa menon-aktifkan PS4 sejenak. Istirahatkan selama beberapa jam sebelum konsol game tersebut siap digunakan kembali.

Selalu Menggunakan Kaset Game Asli

Jangan menggunakan kaset game tiruan ketika bermain PS4. Selain kualitas game yang buruk, tentu saja penggunaan kaset tiruan berisiko merusak PS4. Sistem PS4 sudah disiapkan khusus untuk kaset-kaset asli yang kondisinya mulus. Jadi, penggunaan kaset game tiruan hanya akan memperberar kinerja optik dan komponen PS4 yang lain. Tentu kita tak mau kan konsol game kesayangan kita jadi mudah rusak.

Hindari Kipas Angin untuk Mendinginkan PS4

Cara terbaik untuk mendinginkan PS4 adalah mematikannya sebentar. Kita harus menghindari penggunaan kipas angin untuk mendinginkan PS4. Sebab kipas angin malah memperbesar risiko masuknya debu ke dalam komponen PS4. Sebagai alternatif lain, kita bisa menggunakan produk pendingin resmi dari Sony untuk mendinginkan PS4. Cara ini tentu tergolong lebih efektif dan tak berisiko merusak PS4.

Sebagimana perangkat elektronik lainnya, meskipun memiliki kualitas dan teknologi yang mumpuni, PS4 tetap saja harus dirawat dengan baik. Menikmati waktu senggang di rumah jadi lebih menyenangkan pastinya jika bisa memainkan game di PS4.

Tips Ampuh Merawat PS4 Agar Lebih Awet | admin | 4.5