Yuk Tengok Pesona Menawan Di Sekitar Gunung Tambora

2 abad yang lalu, tepatnya pada tahun 1815, Indonesia pernah diguncang bencana besar akibat meletusnya gunung Tambora di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Letusan berskala 7 Volcanic Explisivity Index (VEO) ini menjadi letusan terbesar di dunia yang terekam rapi di ingatan manusia. Letusannya jauh lebih besar dari erupsi gunung Krakatau di tahun 1883 yang menyebabkan mega tsunami di selat Sunda. Bahkan, letusan gunung yang kini hanya setinggi 2.850 mdpl  ini sanggup membuat bumi kehilangan musim panas selama satu tahun karena langit tertutup abu vulkanik gunung Tambora. Napoleon Bonaparte pun kewalahan di medan perang karena strateginya tidak berjalan akibat musim semi yang tak kunjung datang.

Konon, hanya erupsi gunung Rinjani/Samalas (skala 7 VEI) di abad 13 dan supervolcano Toba (Skala 8 VEI)  puluhan ribu tahun lalu yang sanggup menandingi letusan Tambora. Namun, gunung Toba meletus saat populasi manusia masih sangat sedikit, sedangkan Rinjani erupsi sebelum manusia mengenal teknologi sehingga jejak letusannya tidak terekam dengan baik seperti erupsi Tambora.

Tapi tenang saja, gambaran seram tentang erupsi Gunung Tambora sudah jadi sejarah. Orang bijak bilang, sehabis gelap terbitlah terang. Tambora pun telah berubah menjadi lanskap yang sangat menakjubkan. Di puncaknya, pengunjung bisa melihat kawah besar sisa letusan gunung Tambora yang sangat mengagumkan. Di sekitarnya, terdapat destinasi wisata menawan yang menarik untuk dikunjungi. Untuk membuktikannya, yuk reservasi Batik Air dari sekarang agar  mendapatkan penerbangan murah ke Sumbawa dari beberapa daerah seperti Jakarta, untuk melihat keindahan alam yang tersaji di sekitar gunung Tambora berikut ini:

Pulau Moyo

Pulau yang berada di sebrang barat gunung Tambora ini memiliki keindahan yang mampu menarik perhatian beberapa tokoh dunia seperti Putri Diana, Edwin van Der Sar, Maria Sharapova, hingga David Bowie. Pulau ini dikelilingi pantai eksotis berpasir putih dengan dasar laut yang sangat cantik seperti pantai Ai Manis, pantai Tanjung Pasir, Takat Sagele, pantai Poto Jarum, sampai pantai Brang Sedo. Pulau ini pun memiliki air terjun yang indah seperti Air Terjun Diwu Embai dan Mata Jitu atau Queen Waterfall yang sempat dikunjungi Lady Diana.

Pulau Nisa Pudu

Pulau kecil ini terletak di Teluk Saleh yang berada di sebelah tenggara Gunung Tambora. Pulau yang bisa dikelilingi hanya dengan berjalan kaki ini memiliki pantai-pantai kecil yang cantik, bersih, dan natural, lengkap dengan air laut berwarna biru yang jernih. Tak hanya itu, pulau ini pun memiliki padang savana hijau yang menawan seperti pulau Kenawa di Sumbawa Barat.

Pulau Satonda

Jika dilihat dari peta, pulau kecil ini terletak di timur laut Pulau Moyo atau barat laut Gunung Tambora. Di pulau yang telah ditetapkan sebagai Taman Wisata laut pada tahun 1999 ini, terdapat sebuah fenomena langka, yaitu adanya danau air asin di tengahnya. Menurut ilmuan Eropa bernama Stephan Kempe dan Josef Kazmierczak yang pernah meneliti danau Satonda pada tahun 1984,1989, dan 1996 ini, air yang terdapat di danau tersebut memiliki tingkat kebasaan yang lebih tinggi dibanding air laut pada umumnya.

Konon, danau ini terbentuk dari kawah letusan gunung berapi dasar laut ribuan tahun lalu. Kemudian, air laut yang terbawa oleh tsunami dari erupsi Tambora pun terjebak di sana dan terbentuklah sebuah danau air asin. Pulau atau gunung Satonda sendiri diperkirakan berusia lebih tua dari Gunung Tambora. Para peneliti meyakini kalau gunung ini terbentuk sebagai bagian dari gunung-gunung parasit yang ada di sekitar Gunung Tambora.

Pantai Oi Hodo

Pantai ini masih berada di daratan yang sama dengan gunung Tambora, tepatnya di Kabupaten Dompu. Pantai Oi Hodo menawarkan pemandangan yang eksotis dari hamparan pasir lebam yang ada di sana. Suasananya pun sangat sejuk dan tenang. Pantai ini jadi tempat peristirahatan yang nyaman bagi para wisatawan yang telah berkunjung ke gunung Tambora. Menariknya, di pantai ini berkeliaran sekawanan kerbau yang sedang bersantai di dalam air untuk mendinginkan tubuh.

Doro Ncanga

Tak mau kalah dengan Situbondo yang punya padang savana indah di Taman Nasional Baluran, Kabupaten Dompu pun memiliki padang savana yang tak kalah indahnya, yaitu Doro Ncanga. Jika di Baluran para wisatawan dapat melihat kehidupan hewan liar, di Doro Ncanga justru terdapat hewan ternak yang berkeliaran begitu saja sambil mencari makan di padang rumput.

Mengingat banyaknya destinasi menarik di dekat gunung Tambora, rasanya akan sangat menyenangkan jika berkunjung ke sana. Oleh karena itu, yuk kunjungi reservasi.com untuk melakukan reservasi Batik Air ke pulau Sumbawa.

Di reservasi.com, kamu bisa melakukan reservasi Batik Air dan maskapai penerbangan lainnya dengan penawaran harga terbaik. Selain itu, Reservasi juga menyediakan layanan untuk melakukan pemesanan kamar hotel dengan harga terjangkau.

Incoming search terms:
kerjaan dharmawangsa teguhringkasan objek wisata gunung tambora
Yuk Tengok Pesona Menawan Di Sekitar Gunung Tambora | admin | 4.5